kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.133.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Deretan Quotes Legendaris Charlie Munger, Tangan Kanan Warren Buffett


Sabtu, 02 Desember 2023 / 09:15 WIB
Deretan Quotes Legendaris Charlie Munger, Tangan Kanan Warren Buffett
ILUSTRASI. Wakil Ketua Berkshire Hathaway Charlie Munger tiba untuk memulai pertemuan tahunan perusahaan di Omaha 4 Mei 2013.


Penulis: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - Meninggalnya Wakil Ketua Berkshire Hathaway Corporation, Charlie Munger, pada hari Selasa (28/11) jelas meninggalkan duka mendalam bagi skena investasi global.

Selama bekerja di sisi Warren Buffet sejak tahun 1978, Munger dikenal sebagai sosok pemikir yang memengaruhi banyak langkah Buffett untuk membawa Berkshire Hathaway menjadi sebesar sekarang.

Selama lima dekade berkarir sebagai pakar investasi, deretan petuah Munger sukses jadi tuntunan bagi pada investor global.

Baca Juga: Charlie Munger: Tangan Kanan Warren Buffett yang Benci Mata Uang Kripto

Petuah Investasi Charlie Munger

  • Hitung Risiko Sebelum Investasi

Pesan penting Munger kepada para investor adalah untuk selalu menghitung risiko telebih dahulu saat melakukan penilaian investasi apa pun. 

"Buatlah keputusan sendiri dan tentukan nasib sendiri. Setelah membuat daftar risiko, Anda membuat keputusan berdasarkan risiko yang terlibat. Apa pun yang Anda putuskan, Anda harus menentukan sendiri keputusan dan tindakan Anda," ungkap Munger.

  • Bersikap Rendah Hari dan Mengakui Kekurangan

Munger juga tidak pernah lupa mengingatkan tingginya risiko kegagalan dalam investasi. Atas dasar itu, Munger meminta para investor untuk bersikap rendah hati dan mengakui kekurangan.

"Melakukan kesalahan adalah hal yang manusiawi, dan mengakui kesalahan adalah bagian dari sikap rendah hati," kata Munger.

Untuk mencegahnya, Munger terus menekankan pentingnya penilaian awal sebelum memilih target investasi.

  • Terima Perubahan

Munger meyakini bahwa perubahan adalah fenomena umum dalam bisnis dan investasi apa pun. Maka dari itu, Munger menekankan pentingnya bagi investor untuk mengenali, menerima, dan mengakui perubahan tersebut.

Dalam prosesnya, investor harus memiliki perhatian penuh dalam mengambil keputusan di setiap perubahan situasi.

Baca Juga: Inilah 3 Sejarah Warren Buffett yang Tak Terungkap

Quotes Charlie Munger

Di luar urusan investasi, deretan pesan Munger tentang kehidupan juga sukses menginspirasi banyak orang di seluruh dunia. Kesuksesannya di dunia bisnis dan investasi membuat setiap kata-kata Munger jadi lebih berarti.

Berikut adalah deretan quotes Charlie Munger yang layak Anda jadikan inspirasi.

  1. "Jika ada sesuatu yang terlalu sulit, kami beralih ke hal lain. Apa yang lebih sederhana dari itu?"
  2. "Kecemburuan adalah dosa yang sangat bodoh karena itulah satu-satunya dosa yang tidak akan pernah membuat Anda bersenang-senang. Ada banyak rasa sakit dan tidak menyenangkan."
  3. "Ingatlah bahwa reputasi dan integritas adalah aset Anda yang paling berharga dan itu bisa hilang dalam sekejap."
  4. "Saya terus-menerus melihat orang-orang yang bangkit dalam kehidupan bukanlah orang yang terpintar, bahkan terkadang bukan orang yang paling rajin, namun mereka adalah mesin belajar. Mereka tidur setiap malam dengan sedikit lebih bijaksana dibandingkan ketika mereka bangun dan hal itu benar-benar membantu."
  5. "Kita semua belajar, memodifikasi, atau menghancurkan ide sepanjang waktu. Penghancuran ide-ide Anda dengan cepat pada saat yang tepat adalah salah satu kualitas paling berharga yang dapat Anda peroleh."
  6. "Dapatkan kebijaksanaan duniawi dan sesuaikan perilaku Anda. Jika perilaku baru Anda membuat Anda tidak populer di kalangan teman sebaya, abaikan mereka."
  7. "Tidak ada guru yang lebih baik dari sejarah dalam menentukan masa depan. Anda bisa menemukan jawaban bernilai miliaran dolar dalam buku sejarah senilai US$30."
  8. "Untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan, Anda harus pantas mendapatkan apa yang Anda inginkan. Dunia belum menjadi tempat yang cukup gila untuk memberikan penghargaan kepada banyak orang orang-orang yang tidak layak."
  9. "Sepanjang hidup saya, saya tidak mengenal orang bijak yang tidak membaca sepanjang waktu. Tidak ada. Nol. Anda akan takjub melihat seberapa banyak saya membaca."
  10. "Itu pekerjaan di meja Anda. Lakukan dengan baik apa yang sudah Anda miliki dan lebih banyak lagi yang akan datang."
  11. "Tidak mungkin bagi investor untuk secara konsisten mengungguli pasar. Oleh karena itu, Anda sebaiknya berinvestasi dalam portofolio dana indeks berbiaya rendah yang terdiversifikasi."
  12. "Kuasai pekerjaan Anda dan tingkatkan kredibilitas."
  13. "Kami (Munger dan Buffett) bersikeras untuk menyediakan banyak waktu hampir setiap hari untuk sekedar duduk dan berpikir. Ini jarang terjadi dalam bisnis Amerika. Warren dan saya lebih banyak membaca dan berpikir, dibandingkan kebanyakan orang yang berbisnis."
  14. "Habiskan setiap hari untuk mencoba menjadi sedikit lebih bijaksana daripada saat Anda bangun. Pada akhirnya, Anda akan mendapatkan apa yang pantas Anda dapatkan dari hidup ini."
  15. "Dibutuhkan karakter (yang baik) untuk duduk dengan semua uang itu dan tidak melakukan apa pun. Saya tidak mencapai posisi teratas saat ini dengan mengejar peluang yang biasa-biasa saja."

Baca Juga: Tangan Kanan Warren Buffett, Charlie Munger, Meninggal Dunia di Usia 99 tahun

Buku-Buku Charlie Munger

Sepanjang hidupnya, Charlie Munger juga merilis sejumlah buku yang menceritakan kisah perjuangannya hingga menjadi tokoh investasi global.

Beberapa buku yang telah dirilis antara lain berjudul Poor Charlie's Almanack: The Wit and Wisdom of Charles T. Munger, The Psychology of Human Misjudgement, On Success, Worldly Wisdom, dan The Rise of The Rise of Golfer-lawyer-fisherman Taylor Raum Amid Friends Such as are Not Often Found.

Deretan quotes Charlie Munger di atas diambil dari beberapa buku yang dia tulis.

Selanjutnya: Naik 23,8%, Harita Nickel (NCKL) Kantongi Laba Rp 4,64 Triliun hingga Kuartal III

Menarik Dibaca: 4 Cara Mengangkat Komedo di Wajah dengan Tepat




TERBARU

[X]
×