Pada hari ulang tahunnya, Kaisar Jepang berharap pandemi virus corona segera berakhir

Selasa, 23 Februari 2021 | 10:17 WIB Sumber: Reuters
Pada hari ulang tahunnya, Kaisar Jepang berharap pandemi virus corona segera berakhir

ILUSTRASI. Kaisar Naruhito. REUTERS/Issei Kato/Pool TPX IMAGES OF THE DAY


KONTAN.CO.ID - TOKYO. Kaisar Naruhito mengatakan masa depan yang cerah ketika Jepang memulai program inokulasi virus corona. Hal tersebut diungkapkannya dalam pidato untuk menandai ulang tahunnya yang ke-61 pada hari Selasa.

Perayaan untuk menandai ulang tahun Kaisar telah diredam tahun ini karena pandemi. “Untungnya, jumlah infeksi baru tampaknya menurun secara nasional. Selanjutnya vaksinasi virus corona sudah dimulai,” kata Naruhito, berbicara kepada wartawan di istana kekaisaran dari balik partisi transparan besar.

“Saya menantikan masa depan yang cerah, seiring orang-orang kami mengatasi krisis virus corona dengan berbagi rasa sakit dan saling membantu,” kata Naruhito.

Baca Juga: Tolak tuduhan genosida di Xinjiang, China: Pintu kami terbuka untuk PBB

Vaksinasi COVID-19 Jepang dimulai bulan ini, tetapi salah satu masyarakat lansia paling menghadapi tantangan dengan program tersebut. Akan ada pasokan terbatas dosis vaksin untuk bulan-bulan pertama peluncuran dan suntikan untuk orang tua akan didistribusikan secara bertahap, kata kepala inokulasi pada hari Senin.

Pada hari ulang tahun Kaisar, pengunjung biasanya datang ke istana kekaisaran untuk menyampaikan ucapan selamat dan menandatangani buku tamu, sebuah praktik yang dimulai pada tahun 1948. Kaisar juga muncul di balkon istana bersama anggota keluarga kekaisaran lainnya untuk berbicara dengan pengunjung.

Acara tersebut dibatalkan tahun ini. Penampilan publik tahun baru Naruhito bulan lalu juga digantikan pesan video.

Selanjutnya: Saling klaim pulau di Laut Jepang, hubungan Jepang dan Korea makin memanas

 

Editor: Handoyo .

Terbaru