CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.470.000   4.000   0,27%
  • USD/IDR 15.946   -52,00   -0,33%
  • IDX 7.161   -53,30   -0,74%
  • KOMPAS100 1.094   -8,21   -0,74%
  • LQ45 872   -4,01   -0,46%
  • ISSI 216   -1,82   -0,84%
  • IDX30 446   -1,75   -0,39%
  • IDXHIDIV20 540   0,36   0,07%
  • IDX80 126   -0,84   -0,67%
  • IDXV30 136   0,20   0,15%
  • IDXQ30 149   -0,29   -0,20%

Di Inggris, Penayangan Iklan Apple Dilarang Lagi


Rabu, 26 November 2008 / 11:36 WIB


Sumber: Bloomberg | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

LONDON. Komisi Penyiaran Periklanan Inggris kembali melarang Apple Inc  menayangkan iklan untuk handset iPhone di negara tersebut karena dianggap menyesatkan. Dengan demikian, pelarangan ini merupakan kali kedua yang ditetapkan lembaga pengawasan penyiaran Inggris dalam empat bulan terakhir.

Pada Agustus lalu, lembaga yang sama juga melarang penayangan iklan Apple lain yang mengatakan ponsel keluarannya memungkinkan pengguna untuk dapat mengaktifkan fungsi-fungsi yang ada di seluruh situs.

Nah, dalam penayangan iklan terakhir untuk handset iPhone 3G, Apple menyesatkan konsumen mengenai kecepatan dalam mengakses internet. Apple mengklaim akses ke internet sangat cepat. Dalam iklan itu ditunjukkan bagaimana handset iPhone masuk ke situs Google dan mendownload file. Seluruh prosedurnya hanya memakan waktu beberapa detik saja.

Visual iklan tersebut menggiring para penonton untuk mempercayai kehebatan Apple tersebut. “Karena kami tahu bahwa hal itu tidak mungkin, maka kami mengambil kesimpulan bahwa iklan tersebut sangat menyesatkan,” demikian pernyataan dari komisi penyiaran iklan Inggris.

Ketika dikonfirmasi mengenai hal ini, pihak Apple bilang kepada pihak regulator bahwa iklan tersebut hanya untuk membandingkan iPhone 3G dengan iPhone 2G yang memang lebih lambat. Pihak Apple bilang, jika dibandingkan, konsumen pengguna 3G iPhone memang akan dipermudah untuk mendowload dan mengakses internet lebih cepat.

Sementara itu, Komisi Penyiaran Periklanan Inggris juga bilang, mayoritas penonton akan lebih familiar dengan ponsel tersebut meskipun banyak yang tidak terlalu ambil pusing dengan perbedaan teknis antara dua jenis teknologi yang diperbandingkan. Komisi iklan juga menyebutkan, dalam iklan tersebut pihak Apple tidak memberikan indikasi eksplisit atas perbandingan dengan iPhone 2G yang lama.

Catatan saja, Apple saat ini memang tengah melakukan ekspansi bisnis melalui peluncuran iPod media player dan Macintosh personal computer. Kedua produk ini menyumbang sekitar 75% penjualan Apple. Telefonica SA O2, yang menjual iPhone 3G di Inggris mengatakan, jumlah konsumen untuk ponsel di Inggris mengalami kenaikan 6,6% menjadi 19,1 juta pada kuartal ketiga.



TERBARU
Kontan Academy
Advokasi Kebijakan Publik di Era Digital (Teori dan Praktek) Mengenal Pentingnya Sustainability Reporting

[X]
×