kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Di mana Kim Jong Un? Kereta pribadinya terlihat di kota resor elit


Senin, 27 April 2020 / 07:52 WIB
Di mana Kim Jong Un? Kereta pribadinya terlihat di kota resor elit
ILUSTRASI. Kereta yang diduga milik Kim Jong Un terparkir di kota resor. Satellite image 2020 Maxar Technologies-38 North/Handout via REUTERS.


Sumber: Al Jazeera | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Sebuah kereta yang kemungkinan besar merupakan milik pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, terlihat di sebuah kota peristirahatan di timur negara itu. Hal itu berdasarkan gambar citra satelit, di tengah laporan yang bertentangan tentang kesehatan dan keberadaan Kim Jong Un.

Melansir Al Jazeera, dalam sebuah laporan pada hari Sabtu, 38 kelompok pemantauan Korea Utara mengatakan kereta itu diparkir di "stasiun kepemimpinan" di Wonsan pada 21 April dan 23 April. Stasiun itu dicadangkan untuk penggunaan keluarga Kim, menurut Washington.

"Kehadiran kereta tidak membuktikan keberadaan pemimpin Korea Utara atau menunjukkan apa pun tentang kesehatannya, tetapi itu memberikan bobot pada laporan bahwa Kim tinggal di daerah elit di pantai timur negara itu," katanya.

Baca Juga: Kim Jong Un muncul lagi di berita media Korut, tapi kondisinya masih misteri

Spekulasi tentang kesehatan Kim pertama kali muncul karena ketidakhadirannya sejak ulang tahun kelahiran ayah pendiri Korea Utara dan kakek Kim, Kim Il Sung, pada 15 April.

Media pemerintah Korea Utara terakhir kali melaporkan keberadaan Kim ketika dia memimpin pertemuan pada 11 April.

Kantor berita Reuters dengan mengutip tiga orang yang mengetahui situasi tersebut mengatakan, China telah mengirim tim ke Korea Utara termasuk para ahli medis untuk memberi nasihat tentang Kim.

Baca Juga: Profil Kim Yo Jong, calon suksesor jika Kim Jong Un meninggal

Seorang pemimpin turun temurun dari generasi ketiga yang berkuasa setelah kematian ayahnya pada 2011, Kim tidak memiliki penerus yang jelas di sebuah negara yang bersenjata nuklir. Hal ini dapat menghadirkan risiko internasional yang signifikan.

Melansir Daily NK, media online yang sebagian besar dijalankan oleh pembelot Korea Utara, melaporkan pada pekan lalu bahwa Kim menjalani operasi kardiovaskular dan sedang menjalani masa pemulihan di sebuah villa di provinsi Pyongan Utara.




TERBARU

[X]
×