kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45946,58   -0,57   -0.06%
  • EMAS969.000 -0,82%
  • RD.SAHAM -1.34%
  • RD.CAMPURAN -0.36%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Di Pertemuan B20, Mantan PM Inggris Puji Indonesia & Jokowi


Jumat, 28 Januari 2022 / 14:11 WIB
Di Pertemuan B20, Mantan PM Inggris Puji Indonesia & Jokowi
ILUSTRASI. Di Pertemuan B20, Mantan PM Inggris Puji Indonesia & Jokowi


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kepemimpinan Indonesia sebagai presidensi G20 mendapat apresiasi dari tokoh dunia. Padahal, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menerima Presidensi G20 baru sekitar 3 bulan yang lalu, tepatnya mulai 31 Oktober 2021.

Mantan Perdana Menteri Inggris, Tony Blair, menilai Indonesia mampu menyatukan negara-negara di dunia, khususnya dalam aksi yang membawa dampak terhadap global. Pasalnya, menurut Blair, Indonesia menjadi negara yang dihormati oleh negara-negara ekonomi besar, tak terkecuali AS dan China yang sempat melakukan perang dagang (trade war) saat pemerintahan AS dipimpin oleh Donald Trump.

"Presidensi Indonesia di G20 memiliki peluang yang sangat besar di saat AS dan China tengah berkompetisi. Indonesia yang dihormati dan dihargai oleh kedua negara tersebut (Indonesia) dapat menyatukan negara-negara di dunia," kata Blair dalam Pertemuan Pendahuluan B20 (B20 Inception Meeting) di Jakarta, Kamis (27/1/2022).

Asal tahu saja, Indonesia memang menjadi mitra dagang besar kedua negara itu. Mengacu data Badan Pusat Statistik (BPS), pangsa terbesar impor Indonesia per Desember 2021 diungguli oleh China dengan share mencapai 34,68%, diikuti Jepang 7,45% dan AS sebesar 5,25%.

Di sisi lain, Blair mengungkapkan, Presiden Jokowi dianggap merupakan pemimpin yang memiliki visi yang jelas, utamanya untuk masa depan Indonesia. Salah satu visinya adalah menempatkan Indonesia menjadi lima ekonomi teratas di dunia. "Presiden Jokowi adalah pemimpin yang saya kagumi. Dia memiliki visi yang jelas untuk masa depan Indonesia," ucap Blair.

Lebih lanjut, Blair tak menampik bahwa Presidensi G20 mampu mewujudkan Indonesia menjadi salah satu negara berpendapatan tinggi (higher income country).

Baca Juga: Presidensi G20, Indonesia Serukan Pembenahan Arsitektur Kesehatan Global

Blair puji Indonesia masuk 5 besar negara dengan jumlah vaksinasi terbanyak

Mengenai vaksinasi Covid-19, Indonesia masuk jajaran lima besar negara dengan tingkat akselerasi vaksin tinggi di dunia. Pemerintah menargetkan vaksinasi Covid-19 dosis primer atau dosis lengkap selesai pada kuartal II-2022.

Adapun vaksin Covid-19 booster sudah dimulai pada 12 Januari 2022. Hal ini membuat RI selangkah lebih maju dalam distribusi vaksin kepada masyarakat. "Kita tahu bahwa banyak negara berkembang yang tidak memiliki fasilitas memadai dalam menyediakan pasokan vaksin. Indonesia masuk dalam jajaran lima besar negara dengan jumlah vaksinasi terbanyak di dunia," ungkap Blair.

Pria yang menjabat sebagai Ketua Eksekutif Institut Tony Blair untuk Perubahan Global ini juga menuturkan, pemerintah Inggris memiliki minat untuk bermitra dengan RI dalam penanganan kesehatan. Saat ini, RI memiliki ambisi untuk pembuatan dan pengembangan vaksin di dalam negeri dengan serangkaian kemitraan baru dengan para produsen vaksin di dunia.

"Saya tahu Pemerintah Inggris sangat tertarik untuk bermitra dengan Indonesia dalam tugas ini untuk membangun teknologi baru. Khususnya penggunaan data yang baru, dapat merevolusi cara kita meneliti mengembangkan percobaan, dan menyediakan vaksin, dan terapi lainnya," tandas Blair.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tony Blair Puji RI di Pertemuan B20: Bisa Satukan Negara di Dunia hingga Dihormati AS-China",


Penulis : Fika Nurul Ulya
Editor : Aprillia Ika

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Financial Modeling & Corporate Valuation Fundamental Supply Chain Planner Development Program (SCPDP)

[X]
×