kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Dianggap tak setia, Raja Thailand copot gelar Selir Kerajaan dari Sineenat


Senin, 21 Oktober 2019 / 21:25 WIB

Dianggap tak setia, Raja Thailand copot gelar Selir Kerajaan dari Sineenat
ILUSTRASI. Raja Thailand Maha Vajiralongkorn yang baru dinobatkan terlihat selama prosesi penobatannya, di Bangkok, Thailand, 5 Mei 2019

KONTAN.CO.ID - BANGKOK. Raja Thailand Maha Vajiralongkorn mengumumkan pencabutan gelar kerajaan kepada sang selir Sineenat Wongvajirapakdi karena dianggap "tak setia".

Sineenat yang berpangkat mayor jenderal dianugerahi gelar Chao Khun Phra atau Selir Kerajaan pada akhir Juli lalu, bertepatan dengan ulang tahun Raja Vajiralongkorn ke-67.

Mantan perawat kerajaan berusia 34 tahun ini menjadi perempuan pertama yang mendapat gelar Chao Khun Phra dalam 100 tahun terakhir. Pemberitaan Royal Gazette, Senin (21/10), menyebutkan, status Sineenat dicopot karena dianggap "tidak setiap kepada Raja Thailand".

Baca Juga: Raja Thailand Maha Vajiralongkorn dibebaskan pajak atas beberapa properti dan tanah

Selain itu Strait Times melaporkan, Sineenat mencoba untuk menyabotase penunjukan Ratu Suthida Vajiralongkorn Na Ayudhya, dan mencoba ikut campur.

Pada akhir Agustus lalu, serangkaian foto Sineenat dan Raja Vajiralongkorn dalam berbagai kesempatan dipublikasikan oleh situs istana. Publikasi lebih dari 60 foto dan biografi setebal 46 halaman itu sebenarnya sudah sejak pekan sebelumnya.

Namun, sirkulasinya baru pada 26 Agustus 2019. Gambar yang dirilis kerajaan memperlihatkan Sineenat mengenakan pakaian tempur, mengoperasikan pesawat, hingga latihan menembak.

Karena pengumuman itu menghebohkan, terutama statusnya sebagai selir dalam 100 tahun terakhir, membuat situs itu mengalami masalah teknis.

Baca Juga: Raja Thailand membuka sidang parlemen pertama kali sejak kudeta militer 2014

Lahir di Provinsi Nan di Utara Thailand, Sineenat lulus dari Sekolah Perawat Militer, dilatih sebagai pilot, dan mengabdi di unit penjaga raja sebagai jenderal bintang dua.

Penulis: Ardi Priyatno Utomo

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dianggap Tak Setia, Raja Thailand Copot Gelar Selir Kerajaan"


Reporter: kompas.com
Editor: S.S. Kurniawan

Video Pilihan


Close [X]
×