kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45998,26   9,51   0.96%
  • EMAS944.000 -0,42%
  • RD.SAHAM -0.06%
  • RD.CAMPURAN -0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.32%

Diturunkan atau disingkirkan? Nasib saudara perempuan Kim Jong Un tidak jelas


Kamis, 14 Januari 2021 / 06:45 WIB
Diturunkan atau disingkirkan? Nasib saudara perempuan Kim Jong Un tidak jelas
ILUSTRASI. Kim Yo Jong, adik perempuan dari pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.


Sumber: Associate Press,Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Hilangnya nama saudara perempuan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dari daftar baru Politbiro Partai Buruh yang berkuasa, menimbulkan pertanyaan tentang statusnya setelah beberapa tahun pengaruhnya meningkat.

Reuters memberitakan, pada Minggu (10/1/2021), Partai Buruh mengadakan pemilihan untuk Komite Sentralnya di Kongres ke-8, yang memetakan tujuan kebijakan diplomatik, militer, dan ekonomi Korea Utara selama lima tahun ke depan.

Data Reuters yang melansir KCNA pada Senin (11/1/2021) menunjukkan, Kim Yo Jong, saudara perempuan Kim Jong Un, tetap menjadi anggota Komite Sentral tetapi tidak termasuk dalam Politbiro.

Pada 2017, Kim Yo Jong menjadi wanita kedua dalam patriarki Korea Utara yang bergabung dengan Politbiro, setelah bibinya Kim Kyong Hui. 

Badan intelijen Korea Selatan mengatakan pada Agustus tahun lalu, Kim Yo Jong adalah "orang kedua secara de facto" bagi kakaknya.

Baca Juga: Adik Kim Jong Un: Militer Korea Selatan adalah orang bodoh

Lantas, apa yang terjadi dengan Kim Yo Jong?

Itu adalah pertanyaan yang ditanyakan oleh banyak orang yang mengamati politik Korea Utara setelah dia gagal tampil dalam barisan pemimpin absolut Kim Jong Un yang baru dirilis untuk Politbiro kuat negara itu dalam beberapa hari terakhir.

AP memberitakan, beberapa orang mengatakan Kim Jong Un mungkin telah menurunkan pangkat saudara perempuannya karena kegagalan kebijakan umum. Namun, yang lain meyakini, Kim Jong Un khawatir tentang kenaikan pesat dan profil yang semakin tinggi ketika dia mencoba untuk meningkatkan otoritas domestiknya dalam menghadapi tantangan ekonomi yang berkembang.

Baca Juga: Kim Jong Un jadi Sekjen Partai Buruh, ini ucapan dari Presiden China




TERBARU
Certified Supply Chain Analyst (CSCA) Batch 7 Financial Modeling Fundamental

[X]
×