kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.430.000   -10.000   -0,69%
  • USD/IDR 15.243   97,00   0,63%
  • IDX 7.905   76,26   0,97%
  • KOMPAS100 1.208   12,11   1,01%
  • LQ45 980   9,43   0,97%
  • ISSI 230   1,69   0,74%
  • IDX30 500   4,71   0,95%
  • IDXHIDIV20 602   4,65   0,78%
  • IDX80 137   1,32   0,97%
  • IDXV30 141   0,53   0,38%
  • IDXQ30 167   1,08   0,65%

Dokter di RS India Lakukan Aksi Mogok, Memprotes Pembunuhan Petugas Medis


Sabtu, 17 Agustus 2024 / 21:30 WIB
Dokter di RS India Lakukan Aksi Mogok, Memprotes Pembunuhan Petugas Medis
ILUSTRASI. Rumah sakit dan klinik di seluruh India menolak pasien kecuali untuk kasus darurat pada hari Sabtu (17/8).REUTERS/Danish Siddiqui


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - KOLKATA. Rumah sakit dan klinik di seluruh India menolak pasien kecuali untuk kasus darurat pada hari Sabtu (17/8) ketika para profesional medis memulai aksi mogok sebagai protes terhadap pemerkosaan dan pembunuhan seorang dokter di kota timur dari Kolkata.

Mengutip Reuters, Sabtu (17/8), lebih dari satu juta dokter diperkirakan ikut serta dalam pemogokan tersebut, sehingga melumpuhkan layanan medis di negara terpadat di dunia tersebut. 

Rumah sakit mengatakan staf fakultas dari perguruan tinggi kedokteran telah dikerahkan untuk menangani kasus darurat.

Menurut pernyataan Asosiasi Medis India, pemogokan yang dimulai pada pukul 6 pagi (0030 GMT) tersebut, memutus akses terhadap prosedur medis elektif dan konsultasi rawat jalan.

Baca Juga: Modi Membuat Lebih dari 100 Pernyataan Islamofobia Selama Kampanye Pemilu India

Seorang dokter magang berusia 31 tahun diperkosa dan dibunuh minggu lalu di dalam kampus kedokteran di Kolkata tempat dia bekerja, memicu protes nasional di kalangan dokter dan mirip dengan pemerkosaan beramai-ramai dan pembunuhan seorang mahasiswa berusia 23 tahun di dalam bus yang sedang berjalan di New Delhi pada tahun 2012.

Di luar RG Kar Medical College, tempat kejahatan itu terjadi, kehadiran banyak polisi terlihat pada hari Sabtu sementara gedung rumah sakit kosong, menurut kantor berita ANI.

Mamata Banerjee, kepala menteri Benggala Barat, termasuk Kolkata, mendukung protes di seluruh negara bagian tersebut, menuntut penyelidikan dipercepat dan pelakunya dihukum seberat-beratnya.

Sejumlah besar klinik swasta dan pusat diagnostik di Kolkata tetap tutup pada hari Sabtu.

Dr Sandip Saha, seorang dokter anak swasta di kota tersebut, mengatakan kepada Reuters bahwa dia tidak akan merawat pasien kecuali dalam keadaan darurat.

Rumah sakit dan klinik di Lucknow di Uttar Pradesh, Ahmedabad di Gujarat, Guwahati di Assam dan Chennai di Tamil Nadu serta kota-kota lain ikut serta dalam pemogokan, yang merupakan salah satu penutupan layanan rumah sakit terbesar dalam sejarah.

Di negara bagian Odisha, pasien mengantri dan dokter senior berusaha mengatasi kesibukan tersebut, kata Dr Prabhas Ranjan Tripathy, pengawas medis tambahan di All India Institute of Medical Sciences di kota Bhubaneswar, kepada Reuters.

“Dokter residen melakukan pemogokan penuh, dan karena itu, tekanan meningkat terhadap seluruh dosen, termasuk dokter senior,” katanya.

Diperlukan Hukuman

Para pasien mengantre di rumah sakit, beberapa di antaranya tidak menyadari bahwa gejolak yang terjadi tidak akan memungkinkan mereka mendapatkan perhatian medis.

“Saya telah menghabiskan 500 rupee ($6) untuk perjalanan datang ke sini. Saya mengalami kelumpuhan dan sensasi terbakar di kaki, kepala, dan bagian tubuh lainnya,” kata seorang pasien yang tidak disebutkan namanya di Rumah Sakit SCB Medical College di kota Cuttack di Odisha kepada televisi lokal.

“Kami tidak mengetahui adanya aksi (mogok) tersebut. Apa yang dapat kami lakukan? Kami harus kembali ke rumah.”

Raghunath Sahu, 45, yang mengantre di SCB Medical College dan Rumah Sakit di Cuttack, mengatakan kepada Reuters bahwa kuota harian yang ditetapkan oleh para dokter untuk menerima pasien telah berakhir sebelum tengah hari.

Baca Juga: Rekomendasi Kuliner Khas India yang Lezat dan Menarik Untuk Dicoba, Apa Saja?

"Saya sudah membawa nenek saya yang sedang sakit. Mereka tidak melihatnya hari ini. Saya harus menunggu satu hari lagi dan mencoba lagi," kata Sahu sambil menjauh dari antrian.

Biro Investigasi Pusat India, lembaga yang menyelidiki pemerkosaan dan pembunuhan tersebut, telah memanggil sejumlah mahasiswa kedokteran dari perguruan tinggi RG Kar untuk memastikan penyebab kejahatan tersebut, menurut sumber polisi di Kolkata.

CBI juga menanyai kepala rumah sakit pada hari Jumat, kata sumber itu.

Pemerintah India memperkenalkan perubahan besar pada sistem peradilan pidana, termasuk hukuman yang lebih berat, setelah pemerkosaan beramai-ramai di Delhi, namun para aktivis mengatakan tidak banyak perubahan yang terjadi.

Kemarahan atas kegagalan undang-undang yang lebih ketat untuk mencegah meningkatnya gelombang kekerasan terhadap perempuan telah memicu protes dari para dokter dan kelompok perempuan.

“Perempuan merupakan mayoritas profesi kami di negara ini. Berkali-kali, kami meminta keselamatan bagi mereka,” kata Presiden IMA R. V. Asokan kepada Reuters pada hari Jumat.

Baca Juga: Warga Sebuah Desa Kecil di India Ini Doakan Kemenangan Kamala Harris Jadi Presiden AS

IMA telah menyerukan langkah-langkah hukum lebih lanjut untuk lebih melindungi petugas kesehatan dari kekerasan dan penyelidikan cepat atas kejahatan “barbar” di Kolkata.

"Hukuman tentu diperlukan (dan itu) harus menjadi hukuman yang lebih berat, namun pada saat yang sama eksekusi, puncak akhir dari hukuman harus dilakukan. Dan itu tidak terjadi," kata lapisan kriminal senior Shobha Gupta, yang mewakili seorang wanita Muslim yang diperkosa beramai-ramai selama kerusuhan agama yang melanda negara bagian Gujarat di bagian barat pada tahun 2002.

($1 = 83,8800 rupee India)




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×