kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dokter: Tokoh Oposisi Rusia Alexei Navalny Kemungkinan Diracun


Selasa, 30 Juli 2019 / 07:24 WIB
Dokter: Tokoh Oposisi Rusia Alexei Navalny Kemungkinan Diracun


Sumber: DW.com | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - DW. Dokter pribadi tokoh oposisi Rusia Alexei Navalny, Anastasiya Vasilyeva, mengatakan hari Senin (29/7), kliennya kemungkinan besar diracun.

"Beberapa agen beracun mungkin menjadi alasan penyakit Alexei Navalny," kata Vasilyeva kepada wartawan. Pengacara Navalny, Olga Mikhailova, mendukung anggapan itu dan mengatakan, dia memang "diracun".

Alexei Navalny dilarikan ke rumah sakit hari Minggu (28/7) saat sedang menjalani hukuman penjara 30 hari. Pihak berwenang mengatakan dia memperlihatkan "reaksi alergi" dalam tahanan.

Anastasiya Vasilyeva mengeluh bahwa dia tidak diberi akses menemui Alexei Navalny untuk memeriksanya, dan mengatakan pekerja rumah sakit berperilaku aneh ketika dia mendekati mereka.

Pihak rumah sakit menyatakan, Navalny hanya memperlihatkan gejala gatal-gatal, kata Vasilyeva. "Tapi mengapa berbohong?" lanjutnya dan menambahkan, rumah sakit memutuskan bahwa penyebabnya adalah "kembung biasa dan gatal-gatal".

Seorang resepsionis di rumah sakit Moskow No. 64 mengatakan kepada kantor berita Reuters, Alexei Navalny berada "dalam kondisi baik".

Penangkapan massal

Polisi hari Sabtu (27/7) menangkap lebih dari 1.300 orang pada di Moskow yang berpartisipasi dalam unjuk rasa menuntut demokrasi dan keputusan panitia pemilu. Sebelumnya panitia pemilu memutuskan bahwa beberapa calon independen tidak bisa mengikuti pemilihan komunal mendatang.

Pemerintah Jerman dan beberapa negara Eropa lain menyerukan agar mereka yang ditahan segera dibebaskan, dan mengatakan bahwa tanggapan polisi atas unjuk rasa itu "tidak proporsional". Polisi mengatakan mereka tidak memberi izin untuk unjuk rasa di Moskow, tetapi penyelenggara tetap melanjutkan aksinya.

Alexei Navalny adalah seorang kritikus Presiden Vladimir Putin dan tokoh oposisi paling dikenal di Rusia. Dia sudah sering ditahan karena menggelar aksi protes menentang korupsi dan kebijakan pemerintah yang dianggapnya represif.

Pada 2018 dia berniat maju dalam pemilihan presiden untuk bersaing dengan Vladimir Putin, tetapi gagal setelah pengadilan Rusia melarang dia berpartisipasi setelah dia dijatuhi hukuman pidana karena dakwaan kejahatan keuangan. Navalny menyebut proses pengadilan itu bermotivasi politik.

Kelompok-kelompok hak asasi internasional meminta pihak berwenang Rusia mengakhiri tindakan keras terhadap oposisi. "Semua kandidat yang sah harus diizinkan untuk berpartisipasi, dan Moskow harus menjamin pemilihan umum yang bebas dan adil," kata juru bicara Dewan Eropa Daniel Holtgen.




TERBARU

[X]
×