kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45770,96   1,15   0.15%
  • EMAS930.000 0,22%
  • RD.SAHAM -0.09%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Donald Trump tarik 9.500 tentara AS dari Jerman, hubungan AS-Jerman memburuk?


Sabtu, 06 Juni 2020 / 07:12 WIB
Donald Trump tarik 9.500 tentara AS dari Jerman, hubungan AS-Jerman memburuk?
ILUSTRASI. Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Kanselir Jerman Angela Merkel

Sumber: Reuters | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - MAINE. Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah memerintahkan militer AS untuk memindahkan 9.500 tentara dari Jerman. Langkah Trump yang kemungkinan akan meningkatkan kekhawatiran di Eropa tentang komitmen AS ke benua Eropa.

Reuters melaporkan, langkah ini akan mengurangi jumlah pasukan AS di Jerman menjadi 25.000 orang, dari 34.500 personel yang saat ini ada.

Seorang pejabat senior AS yang tidak mau disebut identitasnya kepada Reuters mengatakan, kebijakan itu adalah hasil dari berbulan-bulan kerja oleh perwira militer top Amerika, Jenderal Mark Milley, ketua kepala staf gabungan, dan tidak ada hubungannya dengan ketegangan antara Trump dan Jerman.

Asal tahu saja, Kanselir Jerman Angela Merkel, menggagalkan rencana Trump untuk menjadi tuan rumah pertemuan negara G7 di bulan ini.

Baca Juga: Mesra dengan Merkel, Xi Jinping: Ini telepon ketiga sejak wabah Covid-19

Seorang pejabat senior pemerintahan AS lain mengatakan, 9.500 tentara akan dikirim ke tempat lain, beberapa ke Polandia, beberapa ke negara-negara sekutu AS lainnya, sementara beberapa akan kembali ke rumah.

Pejabat ini mengatakan ada sedikit kebutuhan untuk kontingen besar di Jerman karena peningkatan keseluruhan pengeluaran pertahanan oleh aliansi militer NATO yang dipimpin AS.

Perubahan itu diperintahkan dalam sebuah memorandum yang ditandatangani baru-baru ini oleh penasihat keamanan nasional Trump, Robert O'Brien. Pejabat itu, mengatakan Amerika Serikat mulai menyiapkan rencana penarikan pasukan pada bulan September tahun lalu.

Senator Jack Reed dari Partai Demokrat menilai langkah penarikan sejumlah pasukan dari Jerman itu dan tidak masuk akal.

Andrew Weiss dari Carnegie Endowment for International Peace menyebut langkah itu adalah "hadiah besar" bagi Rusia.

"Dengan satu gerakan, Trump menunjukkan sekali lagi bahwa aliansi kami tidak lebih dari permainan politik," kata Weiss di Twitter.

Baca Juga: Tanpa alasan jelas, Donald Trump perintahkan hotel Marriott cabut dari Kuba




TERBARU

[X]
×