kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Donald Trump naikkan tarif impor produk turunan baja dan aluminium


Sabtu, 25 Januari 2020 / 13:09 WIB
Donald Trump naikkan tarif impor produk turunan baja dan aluminium
ILUSTRASI. Jumat (25/1), Presiden Amerika Serikat Donald Trump menandatangani kenaikan tarif pada produk baja turunan dengan tambahan 25% dan meningkatkan bea pada produk aluminium turunan dengan tambahan tarif 10%.

Reporter: Khomarul Hidayat | Editor: Komarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memancing perang tarif lagi. Jumat (25/1), Trump menandatangani kenaikan tarif pada produk baja turunan dengan tambahan 25% dan meningkatkan bea pada produk aluminium turunan dengan tambahan tarif 10%.

Seperti dikutip Reuters, Trump mengatakan Argentina, Australia, Brasil, Kanada, Meksiko dan Korea Selatan dibebaskan dari tarif tambahan untuk produk baja turunan.
Sementara Argentina, Australia, Kanada dan Meksiko dibebaskan dari tambahan tarif pada produk aluminium turunan.

Baca Juga: AS mendorong India untuk menambah impor unggas hingga US$ 6 miliar demi status GSP

Trump telah memberlakukan tarif pada baja dan aluminium impor untuk membantu meningkatkan produksi AS yang menurutnya merupakan masalah keamanan nasional.

Sejak pengenaan tarif, Trump mengatakan, impor baja dan aluminium telah menurun tetapi impor produk turunannya, seperti paku baja dan kabel aluminium, telah meningkat.

"Produsen asing untuk produk turunan ini telah meningkatkan pengiriman barang tersebut ke Amerika Serikat untuk menghindari bea masuk barang aluminium dan barang baja," kata dia.

Baca Juga: Warga asing kini dipersulit masuk Amerika Serikat kalau hanya untuk melahirkan anak

Trump mengatakan kenaikan tarif akan efektif pada 8 Februari.




TERBARU

Close [X]
×