kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.409.000   -2.000   -0,14%
  • USD/IDR 15.435   -30,00   -0,19%
  • IDX 7.798   37,20   0,48%
  • KOMPAS100 1.185   9,64   0,82%
  • LQ45 958   6,85   0,72%
  • ISSI 226   2,67   1,19%
  • IDX30 488   3,53   0,73%
  • IDXHIDIV20 589   4,06   0,69%
  • IDX80 134   1,16   0,87%
  • IDXV30 140   2,67   1,94%
  • IDXQ30 163   1,24   0,77%

Donald Trump Tertembak di Telinga Kanannya


Minggu, 14 Juli 2024 / 09:31 WIB
Donald Trump Tertembak di Telinga Kanannya
ILUSTRASI. Donald Trump tertembak di telinganya saat kampanye pada Sabtu (13/7), sehingga darah calon presiden dari Partai Republik itu berlumuran darah di wajahnya.


Sumber: Reuters | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - PENNSYLVANIA. Donald Trump tertembak di telinganya saat kampanye pada Sabtu (13/7), sehingga darah calon presiden dari Partai Republik itu berlumuran darah di wajahnya.

Pasuan pengawal pun langsung mengerumuni Trump, sebelum dia muncul dan mengacungkan tinjunya ke udara, sambil mengucapkan kata-kata "Lawan! Bertarung! Bertarung!"

Donald Trump selamat dari insiden penembakan tersebut.

Penembaknya tewas, satu peserta kampanye tewas dan dua penonton lainnya terluka, kata Dinas Rahasia dalam sebuah pernyataan.

Insiden itu sedang diselidiki sebagai upaya pembunuhan, kata seorang sumber kepada Reuters.

Baca Juga: Dukung Donald Trump, Elon Musk: Sang Martir Masih Hidup

Trump, 78 tahun, baru saja memulai pidatonya ketika tembakan terdengar. Dia memegang telinga kanannya dengan tangan kanannya, lalu menurunkan tangannya untuk melihatnya sebelum berlutut di belakang podium sebelum agen Dinas Rahasia mengerumuni dan menutupinya.

Trmp muncul sekitar satu menit kemudian, topi merah bertuliskan "Make America Great Again" miliknya terlepas, dan terdengar berkata "tunggu, tunggu," sebelum agen mengantarnya ke dalam kendaraan.

“Saya tertembak dengan peluru yang menembus bagian atas telinga kanan saya,” kata Trump di platform Truth Social miliknya setelah penembakan di Butler, Pennsylvania, sekitar 30 mil (50 km) utara Pittsburgh. “Banyak pendarahan terjadi.”

Identitas dan motif penembak belum jelas. Pemimpin Partai Republik dan Demokrat dengan cepat mengutuk kekerasan tersebut.

Tim kampanye Trump mengatakan dia "baik-baik saja".

Baca Juga: Miliarder Bill Ackman Dukung Donald Trump

Penembakan itu terjadi kurang dari empat bulan sebelum pemilu 5 November, ketika Trump menghadapi pertandingan ulang pemilu dengan Presiden Demokrat Joe Biden.

Sebagian besar jajak pendapat termasuk yang dilakukan oleh Reuters/Ipsos menunjukkan keduanya bersaing ketat.

Biden mengatakan dalam sebuah pernyataan: "Tidak ada tempat untuk kekerasan semacam ini di Amerika. Kita harus bersatu sebagai satu negara untuk mengutuknya."

Ron Moose, seorang pendukung Trump yang berada di rapat umum tersebut, menggambarkan kekacauan tersebut: "Saya mendengar sekitar empat tembakan dan saya melihat kerumunan orang turun dan kemudian Trump juga merunduk dengan sangat cepat. Kemudian Dinas Rahasia semua melompat dan melindunginya segera setelah mereka bisa. Kita akan bicara sebentar lagi mereka semua akan melindunginya."

Moose mengatakan dia kemudian melihat seorang pria berlari dan dikejar oleh petugas berseragam militer. Dia mengatakan dia mendengar suara tembakan tambahan, namun tidak yakin siapa yang melepaskannya.

Dia menyebut saat itu penembak jitu telah berkumpul di atap gudang di belakang panggung.

Baca Juga: Kutuk Insiden Penembakan, Presiden Joe Biden Bersyukur Donald Trump Aman dan Selamat

BBC mewawancarai seorang pria yang menggambarkan dirinya sebagai saksi mata, dan mengatakan bahwa dia melihat seorang pria bersenjatakan senapan merangkak ke atap dekat lokasi kejadian.

Orang tersebut, yang tidak disebutkan namanya oleh BBC, mengatakan bahwa dia dan orang-orang yang bersamanya mulai menunjuk ke arah pria tersebut, mencoba memperingatkan pihak keamanan.

Tembakan tersebut tampaknya datang dari luar area yang diamankan oleh Dinas Rahasia, kata badan tersebut. FBI mengatakan pihaknya telah memimpin penyelidikan serangan tersebut.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024) Mudah Menagih Hutang

[X]
×