kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dua Dana Pensiun Kanada akan mengakuisisi Telesat


Rabu, 26 November 2014 / 10:50 WIB
Dua Dana Pensiun Kanada akan mengakuisisi Telesat
ILUSTRASI. Ucapan Hari Media Sosial 2023.


Sumber: Bloomberg | Editor: Hendra Gunawan

NEW YORK. Dua lembaga dana pensiun (dapen) asal Kanada dikabarkan akan segera memiliki Telesat Holdings Inc, perusahaan satelit terbesar keempat di dunia yang berbasis di Ottawa. Mengutip Bloomberg, Dapen Guru Ontario, serta Lembaga Pensiun dan Penanaman Modal Publik Kanada akan mendekati kesepakatan mengakuisisi Loral Space & Communications Inc, pemilik 62,8% saham Telesat.

Menurut sumber yang tahu soal ini, kesepakatan jual beli tersebut akan segera diumumkan pada bulan Desember 2014. Lembaga Pensiun dan Penanaman Modal Publik Kanada sudah memiliki 35,3% saham di Telesat dan 66,7% dari hak suara.

Sebelumnya, Loral telah menolak tawaran menggiurkan dari dua perusahaan Kanada yang memberikan harga tawaran lebih dari US$ 80 per lembar saham. Para pihak belum memutuskan berapa harga akhir untuk melepas saham tersebut.

Menurut ketentuan yang sedang dibahas, Loral Space & Communications Inc akan menerima dana sebesar US$ 2,6 miliar atau sekitar US$ 85 per lembar saham. Telesat memiliki utang jangka panjang sebesar US$ 3,1 miliar pada 30 September 2014. Senin lalu, saham Loral Space ditutup naik 7,2% ke US$ 78,50 per saham dengan kapitalisasi pasar US$ 2,4 miliar.

Perwakilan dari Loral, Telesat, Dapen Guru Ontario, serta Lembaga Pensiun dan Penanaman Modal Publik Kanada tidak bisa dihubungi untuk dimintai keterangan terkait aksi korporasi ini.

Lembaga Pensiun dan Penanaman Modal Publik Kanada telah memiliki 37% saham Telesat. Penjualan Telesat ini sudah muncul sejak lama. Tapi, upaya penjualan dibatalkan pada tahun 2011 karena tawaran peserta tender yakni EchoStar Corp dan Carlyle Group LP jauh dari harapan.

Proses negosiasi baru terjadi lagi tahun ini dan sempat molor pada bulan Juni lantaran Mark Rachvesky, pemegang saham terbesar Loral tidak setuju dengan harga yang ditawarkan oleh Lembaga Pensiun dan Penanaman Modal Publik Kanada. Pembicaraan mulai lagi setelah kedua dana pensiun tersebut mengangkat tawaran mereka.

Telesat memiliki 14 satelit dan mengelola operasional satelit untuk pihak ketiga. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1969 dan meluncurkan satelit komersial pertama di tahun 1972.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×