kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dugaan Kim Jong Un sakit menguat, ini alasannya


Selasa, 25 Agustus 2020 / 06:09 WIB
Dugaan Kim Jong Un sakit menguat, ini alasannya
ILUSTRASI. Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un.


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Pyongyang. Dugaan Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un sakit akibat rokok menguat. Korea Utara dilaporkan meluncurkan situs berisi larangan merokok. Padahal, Kim Jong Un terkenal sebagai perokok berat.

Pusat penelitian anti-rokok pada Juli lalu meluncurkan situs "anti-rokok 1.0", yang disebar di segala jaringan komputer negeri tertutup itu. Berdasarkan laporan Meari via Yonhap, dalam situs itu tertuang informasi yang diberikan pemerintah mengenai cara berhenti merokok.

Baca juga: Lelang rumah murah sitaan bank di Jakarta Utara, hanya Rp 308 juta 

Situs itu dilaporkan tidak bisa diakses mengingat ketatnya kontrol yang dilakukan oleh Pyongyang lewat jaringan mereka, Kwangmyongsong. Dilaporkan India.com Senin (24/8/2020), Korea Utara sengaja memblokir internet mereka dari jaringan global agar tak ada yang mencari informasi soal mereka.

Dalam beberapa tahun terakhir, Korut disebut mulai menggalakkan kampanye anti-rokok, di mana mereka melarang impor tembakau. Selain itu, negara yang menganut ideologi Juche tersebut juga memasang rambu dilarang merokok di bangunan serta tempat umum.

Meski begitu, Yonhap melaporkan bahwa Kim Jong Un sering terlihat dalam foto mengobrol bersama seseorang dengan cerutu di tangannya. Kim Jong Un dikenal sebagai perokok berat.

Dalam perjalanan ke Vietnam untuk bertemu Presiden AS Donald Trump, keretanya disebut berhenti supaya dia bisa merokok. Dalam foto yang dipublikasikan, nampak sang pemimpin tertinggi memegang rokok, dengan adik sekaligus penasihatnya, Kim Yo Jong, memegang asbak.

Baca juga: Inilah daftar 10 obat penurun kolesterol yang biasa diresepkan para dokter 

Adapun situs anti-rokok yang digencarkan oleh Korea Utara terjadi di tengah rumor bahwa Kim generasi ketiga itu mengalami koma. Klaim tersebut diutarakan oleh mantan pejabat di era Presiden Korea Selatan Kim Dae-jung, Chang Song-min, kepada media setempat.

Chang bahkan menyatakan bahwa kondisi koma yang diderita Kim Jong Un sudah berlangsung berbulan-bulan, dengan semua foto dia muncul hanyalah rekayasa.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Di Tengah Kabar Kim Jong Un Koma, Korea Utara Luncurkan Website Larangan Merokok", 

Penulis : Ardi Priyatno Utomo
Editor : Ardi Priyatno Utomo




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×