kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Duh, Yamaha YZF-R6 bakal disuntik mati di dua wilayah ini


Kamis, 19 November 2020 / 21:00 WIB
Duh, Yamaha YZF-R6 bakal disuntik mati di dua wilayah ini


Sumber: Cycle News | Editor: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - GEORGIA. Yamaha Motorcycles USA telah mengumumkan model tahun 2020 akan menjadi yang terakhir untuk Yamaha YZF-R6. Sebab, Yamaha akan "menyuntik mati" si legendaris itu khusus untuk penjualan di Amerika Serikat dan Eropa.

Melansir dari Cyclenews.com, media AS mendapatkan sebuah e-mail dari Yamaha. Isinya tentang rencana perilisan model baru beserta kabar buruk dari pabrikan asal Jepang tersebut.

Yamaha membeberkan informasi yang berkaitan dengan rencana menyuntik mati varian Yamaha YZF-R6, VMAX, WR250R, dan SMAX.

“Dengan pertimbangan mendalam tentang tren pasar global yang berkembang dan peraturan yang membatasi volume produksi pada model tertentu, model Yamaha berikut akan dihentikan setelah model tahun 2020: Yamaha YZF-R6, VMAX, WR250R, dan SMAX," tulis Yamaha dalam e-mail.

Yamaha mengklaim, langkah tersebut untuk menghargai sejarah setiap model tersebut. Yamaha mengkonfirmasi akan terus mencari ide dan konsep baru dalam mendukung dan memperluas pasar.

Baca Juga: GPX Drone, calon pesaing berat Honda PCX dan Yamaha NMax

Yamaha R6

Suntik mati pada beberapa model tersebut diakibatkan salah satunya yakni peraturan emisi Euro 5 yang cukup ketat. Termasuk, wilayah penjualan Yamaha Eropa mulai tahun ini tidak lagi menjual model-model tersebut. 

Catatan Yamaha USA, Yamaha R6 masih memiliki tren baik dalam grafik penjualan. Namun, jumlahnya terus menyusut sejak masa kejayaan motor sport di awal hingga pertengahan tahun 2000-an.

Puncaknya adalah peluncuran model Yamaha YZF-R6 2017 yang memiliki tampilan baru yang mewah tetapi tidak mendapat teknologi baru.

Baca Juga: Pesaing Yamaha XMax, Modenas asal Malaysia siap luncurkan skuter matik

Yamaha YZF-R6 memulai debutnya satu tahun setelah perilisan Yamaha YZF-R1 pada 1999. Kemudian, para produsen motor turut memberikan patokan instan kepada R6 untuk kategori supersport. 

Yamaha R6 turut menjadi cikal bakal lahirnya inovasi Yamaha, termasuk sistem Yamaha Chip Controlled Throttle (YCCT) dan Yamaha Chip Controlled Intake (YCCI). Teknologi tersebut tampil pada Yamaha R6 rilisan 2006.  

Yamaha YZF-R6 yang telah disuntik mati membuat Yamaha tidak memiliki motor sport kelas menengah, baik dalam bentuk silinder ganda ataupun supersport. Kini, hanya dua model yang dijual: Yamaha YZF-R3 dan YZF-R1.

Tampaknya, Yamaha akan mempersiapkan pengganti Yamaha R6 dalam beberapa tahun ke depan.

Sebagai informasi tambahan, di Indonesia, Yamaha YZF-R6 untuk model tahun 2020 dijual dengan banderol mulai Rp 270 juta.

Selanjutnya: Intip keunikan Mini Vision Urbanaut, konsep mobil yang dilengkapi ruang tamu




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×