kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

EBay mencampakkan PayPal demi pesaing dari Belanda


Kamis, 01 Februari 2018 / 16:36 WIB
EBay mencampakkan PayPal demi pesaing dari Belanda
ILUSTRASI. ebay


Sumber: CNN | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - HONG KONG. Perceraian EBay dan PayPal semakin terlihat berantakan.

EBay, salah satu pasar online terbesar di dunia, pada Rabu (31/1) mengumumkan bahwa mereka menceraikan PayPal sebagai mitra utamanya untuk memproses pembayaran demi memilih perusahaan Belanda Adyen.

Berita tersebut mendorong investor melepas saham PayPal (PYPL), sehingga menyebabkan sahamnya anjlok lebih dari 11% pada after-hours trading.

Kedua perusahaan teknologi AS iniĀ  memiliki sejarah yang rumit.

Pada 2002, eBay membayar US$ 1,5 miliar untuk membeli PayPal, perusahaan pembayaran online yang pendirinya termasuk perusahaan kelas berat Silicon yakni Valley Elon Musk dan Peter Thiel.

Ini terbukti menjadi investasi yang sangat menguntungkan. Ketika eBay melepas PayPal pada 2015, nilai kapitalisasi market perusahaan pembayaran ini mendekati US$ 50 miliar. Sekarang, nilainya di atas US$ 100 miliar.

Di luar perceraian tersebut, bisnis kedua perusahaan tetap terhubung erat. PayPal terus memproses pembayaran untuk eBay. PayPal merupakan metode pembayaran pilihan bagi sebagian besar pembeli dan penjual di situs ini.

Namun, eBay sekarang berniat memotong ikatan itu. Perusahaan e-commerce berencana untuk melakukan kontrol pembayaran yang lebih langsung di situsnya dengan bantuan Adyen.

EBay mengatakan, keuntungan dari perubahan tersebut akan mencakup biaya yang lebih rendah bagi penjual dan lebih banyak pilihan pembayaran bagi pembeli.

Pergeseran akan dimulai secara bertahap di Amerika Utara akhir tahun ini dan eBay mengharapkan sebagian besar konsumen pasar di seluruh dunia menggunakan sistem baru di tahun 2021.

Juru bicara PayPal Amanda Miller mengatakan perusahaan akan terus memberikan solusi pembayaran komprehensif ke eBay sampai Juli 2020. PayPal juga akan tetap menjadi pilihan pembayaran di kasir untuk pelanggan eBay sampai Juli 2023.

Bisnis PayPal dengan eBay sangat besar dan terus berkembang: naik 10% di kuartal keempat tahun 2017. Namun, pertumbuhannya lebih lambat daripada bagian operasi PayPal lainnya, yang berarti eBay yang menyebabkan penurunan dari puluhan miliar dollar dari proses pembayaran perusahaan.

Menurut PayPal, EBay menyumbang 13% dari pembayaran yang ditangani PayPal pada kuartal keempat, turun dari 16% pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Adyen mengatakan bahwa pihaknya sangat senang bisa menangani bisnis pembayaran eBay.

"Kami berharap dapat menyalakan transaksi di eBay, mulai di Amerika Utara, dan mendukung pertumbuhan global mereka yang terus berlanjut," kata perusahaan Belanda tersebut dalam sebuah pernyataan.

Berbasis di Amsterdam, Adyen sudah bekerja sama dengan perusahaan teknologi besar lainnya termasuk Uber dan Netflix. Adyen menangani lebih dari 200 metode pembayaran yang berbeda dan menangani lebih dari 150 mata uang.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×