kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Efek Boikot, Angka Penjualan McDonald's Anjlok Secara Global


Selasa, 30 Juli 2024 / 09:29 WIB
Efek Boikot, Angka Penjualan McDonald's Anjlok Secara Global
ILUSTRASI. McDonald's di Kamennoostrovsky Avenue. Pada 8 Maret 2022.


Penulis: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - Jaringan gerai makanan cepat saji McDonald's mengalami penurunan penjualan secara global berdasarkan laporan hari Senin (29/7).

Mengutip Reuters, penjualan global McDonald's turun 1% pada kuartal kedua (Q2) tahun ini, berbeda dengan ekspektasi perusahaan yang naik 0,5%. Namun, pendapatan keseluruhan masih sanggup naik 1%.

Penjualan serupa di AS turun 0,7% di Q2, berbeda dengan lonjakan 10,3% pada periode yang sama tahun lalu.

Penjualan di pasar internasional, yang menyumbang hampir setengah pendapatannya pada tahun 2023 turun 1,1%, didorong oleh pelemahan di Prancis.

McDonald's menghasilkan US$2,97 per saham berdasarkan penyesuaian pada kuartal kedua, meleset dari ekspektasi sebesar US$3,07.

Baca Juga: Turki Berupaya Masuk ke Israel untuk Bantu Palestina

Dampak Gerakan Boikot

Kemajuan yang lebih lambat dari perkiraan di China dan pasar lain yang melakukan aksi boikot akibat konflik di Timur Tengah secara signifikan berdampak buruk pada kinerja segmen bisnis McDonald's.

Perusahaan seperti McDonald's dan Starbucks terkena dampak boikot konsumen terkait aksi genosida Israel di Gaza. Situasi ini memperburuk penjualan mereka di Timur Tengah.

Meskipun demikian, McDonald's tetap mempertahankan anggaran belanja modalnya hingga US$2,7 miliar, dengan lebih dari separuhnya dialokasikan untuk restoran baru di AS dan pasar internasional lain.

CEO McDonald's Chris Kempczinski mengatakan, ada perilaku sangat diskriminatif di antara para konsumen. Meskipun begitu, dirinya percaya sentimen konsumen di sebagian besar pasar utama McDonald's masih rendah.



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×