kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,15   3,55   0.36%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Efek dahsyat wabah corona, 25 peritel AS ajukan kebangkrutan


Selasa, 04 Agustus 2020 / 20:42 WIB
Efek dahsyat wabah corona, 25 peritel AS ajukan kebangkrutan
ILUSTRASI. Jumlah perusahaan ritel yang bangkrut di Amerika Serikat (AS) terus bertambah.


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Jumlah perusahaan ritel di Amerika Serikat (AS) yang bangkrut terus bertambah. Setidaknya 25 peritel besar telah mengajukan dokumen kebangkrutan tahun ini. Sebanyak 10 perusahaan diantaranya mengajukan kebangkrutan dalam lima pekan terakhir.

Pada akhir pekan lalu, misalnya, pemilik merek Men’s Wearhouse yaitu Tailor Brands Inc. dan pusat perbelanjaan Lord & Taylor mengajukan dokumen kepailitan chapter 11.  Lalu, unit perital asal Kanada, Chico FAS Inc juga mengajukan kebangkrutan pada 31 Juli 2020.

Pekan sebelumnya, induk usaha Ascena Retail Group Inc. yang membawahi Ann Taylor dan Lane Bryant juga mengajukan hal sama. Guncangan kebangkrutan tersebut sebagai dampak pandemi corona (Covid-19).

Baca Juga: Konglomerat AS dan Putra Mahkota Arab Saudi Memperebutkan Newcastle United

Analis BMO Capital Markets Simeon Siegel menyebutkan, penyebab utama kebangkrutan tersebut karena persoalan utang. Maka itu, tiap perusahaan harus mencari dana untuk memperkuat likuditasnya.

"Pada titik ini, semua orang memilki utang. Semua orang juga mencari likuiditas dalam jumlah besar," kata Simeon dilansir Bloomberg, Selasa (4/8).

Tren kebangkrutan ini terjadi sejak Maret lalu. Sebab, pemerintah menutup sementara aktivitas sosial dan ekonomi (lockdown) untuk membatasi penyebaran Covid-19. Meski demikian, aktivitas kembali dibuka dan pemerintah memberikan stimulus ke industri yang terpukul agar perekonomian tetap berjalan.

Dalam kondisi tersebut, perusahaan harus menyesuikan kondisi keuangan dengan memangkas biaya, menutup toko dan mengurangi barang dagangan tanpa mengetahui kapan permintaan konsumen akan membaik atau memburuk seiring perkembangan kondisi ekonomi.

Perusahaan harus menyesuaikan keputusan tentang pemotongan biaya, penutupan toko dan barang dagangan tanpa memiliki gambaran yang jelas tentang di mana permintaan konsumen akan terjadi atau seberapa buruk kondisi ekonomi akan terjadi.

Toko pakaian menjadi peritel yang paling terpukul. Misalnya saja, dua penjual denim, G-Star Raw dan Lucky Brand - bangkrut pada hari yang sama di awal Juli. Menyusul JC Penney Co., Neiman Marcus Group, J. Crew Group Inc. dan Brooks yang mengajukan kebangkrutan chapter 11 awal tahun ini.

Baca Juga: Pemilik merek Pizza Hut dikabarkan bangkrut, siapa bilang?




TERBARU

[X]
×