kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Eks menteri Malaysia ini akan dirikan partai seperti PSI


Selasa, 25 Agustus 2020 / 15:14 WIB
Eks menteri Malaysia ini akan dirikan partai seperti PSI
ILUSTRASI. Mantan Menpora Syed Syaddiq akan mendirikan partai milenial. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/nz/18


Reporter: kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Slim. Di Indonesia sudah ada Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang anggotanya banyak dari kalangan milenial. Di Malaysia, juga bakal berdiri partai seperti PSI.

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Syed Saddiq menyampaikan kepada Channel News Asia, Senin (24/8/2020), rencana mendirikan partai baru. Partai ini akan berbeda dari partai-partai lain di Malaysia.

Saddiq mengatakan, partai barunya adalah partai multirasial milenial yang akan fokus pada isu-isu dan kepentingan kaum milenial. “Jika di Thailand ada Future Forward, di Perancis ada En Marche di bawah Macron, saya rasa sudah waktunya bagi Malaysia untuk membentuk gerakan politik yang terdiri dari orang muda.”

Baca juga: Inilah aduan TikTok ke pengadilan terkait ancaman pemblokiran Presiden Donald Trump

“Politisi muda, profesional muda, teknokrat muda dari latar belakang yang berbeda akan bergabung dan bersatu untuk memastikan suara kaum muda terwakili di dalam maupun di luar parlemen."

"Kaum milenial tidak dapat diremehkan begitu saja seperti yang kerap terjadi,” tutur politisi muda berusia 27 tahun itu.

Syed Saddiq Anggota parlemen dari dapil Muar itu melanjutkan, politik tidak dapat terus-menerus dikendalikan dan dimonopoli oleh politisi tua yang sama. Keputusan Saddiq mengakhiri spekulasi mengenai masa depan politiknya.

Pertanyaan besar sempat muncul ketika menteri termuda dalam sejarah "Negeri Jiran" itu tidak bergabung menjadi anggota Partai Pejuang, partai baru yang didirikan mentor politiknya, mantan Perdana Menteri Mahathir Mohamad.

Saddiq dan Mahathir memiliki hubungan yang dekat. Dia memilih mengikuti jejak Mahathir meninggalkan Partai Bersatu pimpinan Perdana Menteri Muhyiddin Yassin ketika krisis politik menggulingkan pemerintahan Pakatan Harapan pada Februari lalu.

Baca juga: Dua hari lagi ditutup, lelang mobil dinas di Jakarta, Innova 2005 mulai Rp 14 juta

Dalam wawancara yang digelar di kota Slim, Negara Bagian Perak, yang akan menggelar pemilu sela akhir pekan ini, Saddiq mengecam budaya politik pindah partai yang menyebabkan ketidakstabilan politik berkepanjangan yang saat ini mendera Malaysia.

Sejauh ini belum diketahui nama dari partai baru ini, Saddiq juga belum menyampaikan kapan partai milenial ini akan resmi diumumkan di tengah spekulasi bahwa pemilu dini akan digelar dalam waktu dekat di negara tetangga Indonesia ini.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Eks Menpora Malaysia Syed Saddiq Akan Dirikan Partai Milenial, Begini Konsepnya",

Penulis : Kontributor Singapura, Ericssen
Editor : Aditya Jaya Iswara




TERBARU

[X]
×