Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Elon Musk berupaya mengubah cara tautan berita muncul di platform media sosialnya X, yang sebelumnya bernama Twitter, dalam sebuah langkah yang berpotensi melemahkan kemampuan penerbit berita untuk menarik audiens.
X berencana menghapus judul dan teks sambil tetap mempertahankan gambar utama dari tautan ke artikel berita yang dibagikan di platform, kata Musk dalam sebuah unggahan pada Senin malam.
Fortune pertama kali melaporkan berita tersebut pada hari Senin, mengutip sumber bahwa langkah tersebut didorong langsung oleh Musk.
Baca Juga: Perlombaan Baru Eksplorasi Antariksa, Setelah Rusia Gagal, Kini India Adu Peruntungan
Langkah tersebut kemungkinan merupakan upaya Musk untuk membuat pengguna menghabiskan lebih banyak waktu di X dan mendorong mereka untuk memilih layanan berlangganan untuk detail lebih lanjut.
Tidak segera jelas bagaimana langkah itu akan berdampak pada pengiklan di platform yang diklaim Musk pada Juli memiliki 540 juta pengguna bulanan.
Saat ini tautan berita muncul di linimasa pengguna sebagai "kartu" bersama dengan gambar, alamat sumber, dan judul ringkasan. Kemasan seperti itu membantu menarik klik dan membantu penerbit mendapatkan pembaca.
Baca Juga: Mudah, Cek Syarat Ads Revenue Sharing untuk Mendapatkan Uang dari Twitter X
Namun, dengan tautan yang diperpendek, pengguna mungkin akan menulis beberapa teks bersama dengan unggahan mereka dan pada akhirnya mereka dapat mempertimbangkan layanan premium X yang memungkinkan satu unggahan hingga 25.000 karakter.
Dengan perubahan tersebut, Musk meluncurkan X sebagai platform yang lebih relevan untuk pembuat konten.
Pelanggan premium sekarang dapat mengunggah video yang lebih panjang, unggahan mereka ditampilkan lebih tinggi, dan mereka juga menerima potongan penjualan iklan.