kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Elon Musk Mulai Mencari Pakar AI untuk Ciptakan Pesaing ChatGPT


Selasa, 28 Februari 2023 / 13:01 WIB
Elon Musk Mulai Mencari Pakar AI untuk Ciptakan Pesaing ChatGPT
ILUSTRASI. Elon Musk.


Sumber: Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Elon Musk mulai mendekati sejumlah peneliti kecerdasan buatan (AI) dalam upaya untuk menciptakan pesaing sistem OpenAI fenomenal, ChatGPT.

Dilansir dari Reuters, Musk telah mendekati para peneliti terpilih dalam beberapa minggu terakhir sembari mempresentasikan program pembentukan laboratorium penelitian baru.

Musk sendiri merupakan salah satu orang yang ikut mendirikan OpenAI bersama dengan investor Sam Altman pada tahun 2015. Musk kemudian meninggalkan dewan direksi pada tahun 2018.

Setelah keluar dari startup nirlaba tersebut, Musk mengakui bahwa sistem chatbot yang dibuat OpenAI benar-benar luar biasa.

Baca Juga: Cara Log in ChatGPT dengan Mudah, Berikut Link yang Harus Anda Kunjungi

Menurut laporan yang beredar, saat ini Musk telah merekrut Igor Babuschkin, seorang peneliti yang baru-baru ini meninggalkan unit DeepMind AI yang berada di bawah Alphabet.

Musk dan Babuschkin juga dikabarkan telah membahas pembentukan tim untuk mengejar penelitian AI, tapi proyek itu masih ada di tahap awal tanpa rencana konkret untuk mengembangkan produk tertentu.

Babuschkin pun sempat mengatakan bahwa dirinya belum secara resmi menandatangani kesepakatan dengan Musk terkait proyek pembuatan pesaing ChatGPT.

Baca Juga: 10 Hal yang Bisa Dilakukan ChatGPT, Main Game hingga Bantu Menulis Esai

Kemunculan chatbot ChatGPT mulai menarik perhatian dari para perusahaan teknologi di Silicon Valley karena sistem tersebut mampu mengerjakan banyak hal secara mandiri.

ChatGPT merupakan chatbot berbasis teks yang dikembangkan oleh OpenAI yang dapat menyusun balasan e-mail, puisi, atau bahkan kode komputer sesuai perintah.

ChatGPT menjadi fenomena baru di dunia digital dengan sukses menjangkau lebih dari 100 juta pengguna dalam waktu kurang dari dua bulan sejak dirilis.

Layanan digital ini dianggap mampu menggantikan peran manusia dalam beragam bidang pekerjaan. Di tangan yang tepat, ChatGPT bahkan mampu diandalkan untuk menulis artikel di portal berita online, bermain game, hingga menyelesaikan tugas sekolah.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×