kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Elon Musk Sangat Yakin SpaceX Starship Barunya akan Mencapai Orbit Tahun Ini


Jumat, 11 Februari 2022 / 14:15 WIB
Elon Musk Sangat Yakin SpaceX Starship Barunya akan Mencapai Orbit Tahun Ini
ILUSTRASI. Ellon Musk. REUTERS/Monica Almeida


Sumber: Channelnewsasia.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Elon Musk mengatakan pada hari Kamis (10/2) dia "sangat yakin" SpaceX Starship barunya, yang dirancang untuk perjalanan ke bulan dan Mars, akan mencapai orbit Bumi untuk pertama kalinya tahun ini, meskipun sejumlah rintangan teknis dan peraturan belum diatasi.

Pendiri dan CEO miliarder SpaceX berbicara kepada banyak media berita dan pendukung di fasilitas "Starbase" perusahaannya di Boca Chica, Texas.

Itu terjadi sembilan bulan setelah usaha luar angkasa swasta yang berbasis di California mencapai peluncuran dan pendaratan roket prototipe Starship pertama yang sukses dalam penerbangan uji coba setelah empat upaya pendaratan sebelumnya berakhir dengan ledakan.

Baca Juga: 40 Satelit Starlink SpaceX Milik Elon Musk Berjatuhan Akibat Badai Geomagnetik

Musk mengakui kesulitan yang dihadapi SpaceX dalam mengembangkan mesin "Raptor 2" untuk roket Super Heavy-nya, pendorong peluncuran generasi berikutnya yang dapat digunakan kembali yang dirancang untuk membawa pesawat luar angkasa Starship ke orbit. Dia menyebutkan masalah dengan melelehnya di dalam ruang pendorong mesin dari panas yang hebat.

Tapi dia berkata, "kami sangat dekat untuk menyelesaikannya," dan diharapkan untuk meningkatkan produksi menjadi sekitar tujuh atau delapan mesin seminggu pada bulan depan dan menghasilkan Starship baru dan booster setiap bulan pada akhir tahun.

"Saya merasa pada titik ini sangat yakin bahwa kita akan mengorbit (dengan Starship) tahun ini," kata Musk, yang juga mengepalai pembuat mobil listrik Tesla.

Kerangka waktu seperti itu akan menandai prestasi ambisius, bahkan untuk uji terbang orbital tanpa awak dari kombo Super Heavy/Starship, langkah selanjutnya dari roket Falcon 9 SpaceX saat ini, yang menurut Musk telah menerbangkan 144 peluncuran yang sukses dan 106 pendaratan kembali.




TERBARU

[X]
×