kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,22   -11,30   -1.21%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Elon Musk: Tesla Buka Kesempatan Akuisisi Perusahaan Pertambangan


Rabu, 11 Mei 2022 / 06:58 WIB
Elon Musk: Tesla Buka Kesempatan Akuisisi Perusahaan Pertambangan
ILUSTRASI. Tesla membuka rencana akuisisi perusahaan tambang


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Tesla Inc membuka kesempatan untuk membeli perusahaan pertambangan untuk memenuhi pasokan logam bagi produksi kendaraan listrik (EV).  Chief Executive Officer Elon Musk mengatakan, hal tersebut dapat mempercepat adopsi teknologi energi bersih di seluruh dunia.

Rencana akuisisi tambang ini diungkapkan saat meningkatnya kekhawatiran pada industri kendaraan listrik bahwa mungkin tidak ada cukup pasokan lithium, nikel, tembaga, dan logam lainnya untuk memenuhi permintaan hingga akhir dekade ini.

"Itu bukannya tidak mungkin," kata Musk pada konferensi FT Future of the Car 2022, Selasa (10/5)

"Kami akan mengatasi batasan apa pun dalam mempercepat transisi dunia ke energi berkelanjutan. Bukannya kami ingin membeli perusahaan pertambangan, tetapi jika itu satu-satunya cara untuk mempercepat transisi, maka kami akan melakukannya," lanjut Musk.

Saat ini, raksasa mobil itu memiliki kontrak logam EV dengan pemasok di seluruh dunia, tujuannya untuk memproduksi 20 juta kendaraan setiap tahun pada tahun 2030. Target tersebut disebut Musk sebagai "aspirasi, bukan janji".

Dengan target itu, Tesla akan membutuhkan lebih banyak pasokan logam. Asal tahu saja, di tahun 2021, produksi Tesla hanya di bawah 1 juta kendaraan listrik.

Baca Juga: Bursa Saham Global Memerah, Kekayaan Para Miliarder Dunia Menguap Ratusan Triliun

Pembuat mobil dan eksekutif lainnya termasuk Carlos Tavares, CEO saingan Tesla, Stellantis NV, telah memperingatkan industri otomotif menghadapi kekurangan pasokan logam.

Tesla tidak memiliki pengalaman, dengan tugas yang memakan waktu dan melelahkan untuk membangun dan mengoperasikan tambang, jadi analis industri telah menyarankan pembuat mobil untuk fokus membeli operator pertambangan yang ada.

Banyak di industri pertambangan mencatat bahwa membeli produsen tambang logam yang ada akan menelan biaya jauh lebih sedikit daripada US$ 43 miliar yang ditawarkan Musk untuk secara pribadi membeli jaringan media sosial Twitter Inc di tahun ini.

Tesla memiliki kesepakatan pasokan lithium antara lain dengan Ganfeng Lithium, Livent Corp LTHM, Albemarle. Sementara, kesepakatan pasokan lithium perusahaan dengan Piedmont Lithium Inc ditunda tahun lalu.

Tesla juga memiliki kesepakatan pasokan nikel dengan ValeSA dan Talon Metals.




TERBARU

[X]
×