kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45999,33   5,73   0.58%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Erdogan: Turki targetkan mencapai bulan pada 2023


Rabu, 10 Februari 2021 / 04:52 WIB
Erdogan: Turki targetkan mencapai bulan pada 2023
ILUSTRASI. Presiden Turki Tayyip Erdogan pada hari Selasa (9/2/2021) mengatakan, negaranya menargetkan untuk mencapai kontak pertama dengan bulan sebagai bagian dari program luar angkasa nasionalnya pada tahun 2023. Presidential Press Office/Handout via REUTERS


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - ANKARA. Presiden Turki Tayyip Erdogan pada hari Selasa (9/2/2021) mengatakan, negaranya menargetkan untuk mencapai kontak pertama dengan bulan sebagai bagian dari program luar angkasa nasionalnya pada tahun 2023.

"Pendaratan kasar pertama akan dilakukan di bulan dengan roket hibrida nasional dan otentik kami yang akan diluncurkan ke orbit pada akhir 2023 melalui kerja sama internasional," kata Erdogan, merinci misi dua fase seperti yang dilansir Reuters.

Erdogan tidak menjelaskan lebih lanjut tentang kerja sama tersebut. Bulan lalu, Erdogan berbicara dengan bos Tesla dan SpaceX Elon Musk tentang kemungkinan kerjasama dalam teknologi luar angkasa dengan perusahaan Turki.

Berbicara dalam sebuah acara di Ankara, Erdogan mengumumkan program dengan 10 tujuan strategis itu termasuk mengirim warga negara Turki ke misi ilmiah di luar angkasa.

Baca Juga: Menteri Dalam Negeri Turki tuding AS mendalangi kudeta Turki tahun 2016

Bulan lalu, Turki meluncurkan satelit Turksat 5A ke orbit dari Amerika Serikat bekerja sama dengan SpaceX. Satelit Turksat 5B rencananya akan diluncurkan pada kuartal kedua tahun 2021.

Turki menargetkan untuk mencapai tujuan luar angkasa strategis dalam 10 tahun. Erdogan juga menambahkan, negara itu akan meningkatkan pekerjaan pada teknologi satelit dan membangun pelabuhan luar angkasa dengan negara sekutu lainnya.

Baca Juga: Turki luncurkan kapal TCG Istanbul, kapal fregat pertama dari I-Class

Turki sebelumnya meluncurkan satelit pengintaian dan komunikasi yang mendirikan pusat pengujian dan integrasi sistem satelit dan memproduksi satelit HD domestik yang disebut IMECE yang diharapkan akan diluncurkan pada tahun 2022.

“Kaki kita akan berada di bumi tapi mata kita akan berada di angkasa. Akar kami akan ada di bumi, cabang kami akan naik ke langit,” kata Erdogan.

Selanjutnya: Bos Sinovac angkat bicara soal vaksin Covid-19, sebut Jokowi dan Erdogan juga




TERBARU

[X]
×