kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45806,19   -5,40   -0.67%
  • EMAS1.065.000 1,04%
  • RD.SAHAM 0.85%
  • RD.CAMPURAN 0.40%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Facebook meluncurkan aplikasi gaming baru untuk saingi Twitch dan Youtube


Senin, 20 April 2020 / 15:14 WIB
Facebook meluncurkan aplikasi gaming baru untuk saingi Twitch dan Youtube
ILUSTRASI. Persaingan aplikasi game live streaming akan mulai ketat. REUTERS/Akhtar Soomro/File Photo

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Persaingan aplikasi game live streaming tampaknya akan mulai ketat. Pasalnya, Facebook akan ikut meramaikan kompetisi dengan meluncurkan aplikasi gaming khusus. Selama ini, tidak banyak persaingan di platform streaming komunitas game karena hanya ada dua pemain besar yang menyediakan layanan ini yakni Twitch milik Amazon.com dan YouTube milik Google.

Aplikasi game khusus yang akan dirilis Facebook sebagian besar akan fokus pada komunitas streaming, meskipun itu juga akan menyoroti game kasual yang memungkinkan dimainkan secara online, termasuk Words with Friends.

Baca Juga: Covid-19 mengubah rencana bisnis Sony dengan PlayStation terbarunya

Facebook akan meluncurkan aplikasi game tersebut pada hari ini, 20 April 2020. Facebook Gaming pada awalnya dijadwalkan akan dirilis pada Juni, tetapi kemudian dipercepat karena karantina Covid-19 membuat orang banyak menghabiskan waktu di rumah.

Tahap awal, aplikasi game facebook ini baru tersedia pada perangkat adroid. Namun, dikutip dari The Verge, Senin (20/4), Faacebook menyebutkan berencana juga merilis aplikasi itu pada perangkat iOS setelah Apple menyetujuinya.

Peluncuran aplikasi game Facebook dilakukan hari ini pertama kali diberikan oleh New York Times. Fidji Simo, Direktur Aplikasi Facebook mengatakan, berinvestasi pada game sudah menjadi prioritas perusahaan karena melihat game merupakan bentuk hiburan yang benar-benar menghubungkan orang. "Ini hiburan yang bukan hanya bentuk konsumsi pasif tetapi hiburan yang interaktif dan menyatukan orang," ujarnya.

Facebook telah berinvestasi dalam game selama bertahun-tahun dan telah mencoba membangun komunitas streaming bermitra dengan berbagai pembuat konten dan menyelenggarakan turnamen esports. Meskipun basis pengguna Facebook sangat besar yakni lebih dari 2,5 miliar pengguna setiap bulan, namun perusahaan ini masih kalah dari sisi jumlah jam gameplay yang ditonton.

Baca Juga: Jangan kecewa, Sony segera mengeluarkan produk PlayStation 5 tapi secara terbatas

Berdasarkan laporan dari perusahaan perangkat lunak streaming StreamElements, Facebook gaming telah mengalami peningkatan jam tayang/ditonton sebesar 210% antara Desember 2018- Desember 2019. Streaming konten di Facebook naik 6% dari sisi jumlah streamer dan rata-rata meningkaat 78% dari sisi jumlah penonton per jam pada periode tersebut.



TERBARU

[X]
×