kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Fakta Asteroid Bennu, Umur Benda Langit yang Mendekati Bumi Ini Sekitar 2 Juta Tahun


Senin, 11 April 2022 / 10:09 WIB
Fakta Asteroid Bennu, Umur Benda Langit yang Mendekati Bumi Ini Sekitar 2 Juta Tahun
ILUSTRASI. Fakta Asteroid Bennu, Umur Benda Langit yang Mendekati Bumi Ini Sekitar 2 Juta Tahun


Penulis: Arif Budianto

KONTAN.CO.ID - Fakta asteroid Bennu, terungkap umur benda langit yang mendekati Bumi ini sekitar 2 juta tahun. Fakta ini terungkap berkat penelitian terbaru yang dilakukan oleh para ilmuwan setelah mengamati permukaannya.

Tahukah Anda? Asteroid Bennu merupakan salah satu yang terdekat dengan Bumi dan mungkin paling berbahaya. Terlepas dari semua itu, fakta seputar asteroid Bennu ini kerap kali membuat para astronom penasaran.

Informasi seputar asteroid Bennu ini menjadi bekal untuk umat manusia mengevaluasi kembali bagaimana mereka dapat menghancurkan asteroid yang mengancam Bumi.

Mengutip dari ScienceTimes (11/04/2022), fakta seputar asteroid yang mendekati Bumi ini semakin terungkap. Dalam sebuah studi baru yang dilakukan oleh para peneliti dengan judul "Crater population on asteroid (101955) Bennu indicates impact armouring and a young surface," yang telah diterbitkan dalam jurnal Nature Geoscience mengungkap fakta benda langit yang satu ini.

Asteroid Bennu yang diamati antara tahun 2018 dan 2021 oleh wahana OSIRIS-REx NASA mengungkapkan bahwa benda langit ini memiliki kawah. Para ilmuwan telah mempelajari ribuan foto dan data yang diperoleh OSIRIS-REx.

Baca Juga: 12 Nama Rasi Bintang yang Digunakan dalam Zodiak, Lengkap dengan Tanggalnya

Asteroid Bennu

Menurut Edward "Beuau" Bierhaus, seorang peneliti ilmu ruang angkasa Lockheed Martin dan penulis utama penelitian tersebut mengungkapkan bahwa benda langit ini yang paling banyak dipelajari di tata surya. Mereka mempelajari benda langit ini sebagian besar dari data dan foto.

"Kami telah mengumpulkan gambar dan miliaran pengukuran LIDAR yang membeirkan kami bentuk topografi Bennu, ujar Bierhaus kepada Space.com.

"Sekarang kami memiliki peta topografi paling rinci dari benda langit apa pun di tata surya," tambahnya.

Dari data tersebut kemudian terungkap informasi menarik seputar asteroid Bennu. Menurut laporan Space.com, Bennu juga mengalami beberapa benjolan yang tak terduga. 

Baca Juga: Asteroid Sebesar Bus Ini Melewati Bumi dengan Jarak yang Sangat Dekat, Terpantau Aman

Para ilmuwan menemukan bahwa ini tidak seperti Bulan, Bennu tidak menyimpan catatan panjang kontak sebelumnya ketika mempelajari fitur dan distribusi kawah asteroid.

Sementara asteroid itu sendiri dapat berusia hingga satu miliar tahun, permukannya yang terus berubah relatif baru, dan jejak kejadian masa lalu rata-rata terhapus setiap beberapa juta tahun.

Menurut Bierhaus, Bennu berumur sekitar 2 juta tahun. Fakta ini terungkap dari salah satu usia permukaan yang berasal dari kawah tata surya yang telah diamatinya.

Fakta terbaru seputar asteroid Bennu ini tentu saja akan membantu para ilmuwan untuk mengungkap benda langit yang mengancam Bumi ini. Termasuk bagaimana mereka dapat mengantisipasi asteroid ini dengan cara menghancurkannya.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×