Reporter: Dessy Rosalina | Editor: Dessy Rosalina
KEberuntungan mulai menghampiri Disney Animation Studios. Tahun ini disebut-sebut menjadi tahun kebangkitan studio animasi berusia 90 tahun asal Amerika Serikat (AS) itu. Mengawali tahun 2014, Disney menorehkan prestasi gemilang lewat film Frozen. Sejak dirilis pada 22 November 2013 lalu, penjualan tiket Frozen di seluruh menembus angka US$ 1,01 miliar.
Penjualan Frozen diprediksi mencetak rekor tertinggi sepanjang sejarah. Selama ini, Toy Story 3 racikan Pixar Animation Studios menduduki peringkat film animasi terlaris. Penjualan tiket Frozen bisa bertambah lantaran hari ini baru saja dirilis di pasar Jepang.
Frozen adalah film besutan Disney yang berhasil sejak tiga tahun melesu. Film animasi produksi Disney memburuk pasca mengakuisisi Pixar Animation Studios di tahun 2006. Pasca akuisisi, Disney seakan tidak terurus dan dijadikan studio animasi nomor dua. Saat ini, nahkoda Disney adalah Ed Catmull dan John Lasseter, mantan petinggi Pixar.
“Frozen menunjukkan, Disney masih memiliki kemampuan membuat film yang bagus," ujar Tom Nunan, produser eksekutif film Crash, mengutip Bloomberg, Jumat (14/3) Hitungan Wade Holden, Analis SNL Kagan, selain penjualan tiket, Frozen mampu mencetak uang lewat kanal lain. Hingga awal Maret, penjualan tiket, DVD dan lisensi di televisi menghasilkan laba sebesar US$ 1,3 miliar.
Angka itu belum menghitung potensi pemasukan dari merchandise Frozen. "Belum juga termasuk lisensi Broadway dan sekuel Frozen di masa mendatang," ujar Holden. Segmen bisnis merchandise diproyeksikan menghasilkan US$ 15 juta. Sementara, Disney merogoh kocek sebesar US$ 323 juta untuk biaya produksi, pemasaran dan distribusi.
Hitungan Brett Harriss, Analis Gabelli & Co, total pengeluaran Frozen mencapai US$ 350 juta. “Ini bukti keajaiban bisnis Disney,” ujar Dan Salmon, Analis BMO Capital Markets Corp di New York. Salmon merekomendasikan beli saham Disney.
Kesuksesan Frozen memicu Salom menaikkan proyeksi kinerja Disney.
Studio film yang didirikan oleh Disney dan Roy O. Disney ini diprediksi bisa membukukan laba bersih per saham sebesar US$ 4,09 di tahun 2014. Proyeksi ini lebih tinggi ketimbang hitungan sebelumnya yang sebesar US$ 4 per saham. Prediksi Salmon, pendapatan Disney dari segmen bisnis film melejit 48% menjadi sebesar US$ 979 juta.
Hitungan lebih optimistis disodorkan Anthony DiClemente, Analis Nomura Securities yang menebak pendapatan Disney bisa mencapai US$ 1,4 miliar dari Frozen. Gencar promosi di media sosial menjadi salah satu strategi Disney mempromosikan Frozen. Disney menampilkan lebih dari 100 klip pendek tentang Frozen di kanal YouTube.
Strategi ini bukan berhasil memikat hati orang menonton film. Merchandise berbentuk boneka Frozen telah terjual lebih dari 500.000 unit dalam tempo sebulan. Bahkan, pemesanan 5.000 pernak-pernik Frozen ludes dalam tempo 45 menit lewat Disneystore.com.
Ini rekor penjualan tertinggi secara online. Mattel Inc, pemegang lisensi merchandise Disney mengungkapkan, telah menjual merchandise Frozen lebih dari US$ 1.000 juta