kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Galang Pendanaan untuk Perang Melawan Rusia, Ukraina Lelang NFT


Minggu, 27 Maret 2022 / 11:21 WIB
Galang Pendanaan untuk Perang Melawan Rusia, Ukraina Lelang NFT


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ukraina mulai melelang koleksi non-fungible token  (NFT) pada Jumat (25/3) dalam perluasan dorongan penggalangan dana cryptocurrency

Menurut pemerintah Ukraina seperti dilansir Bloomberg, Minggu (27/3), penggalangan itu telah mengumpulkan lebih dari US$ 65 juta dolar AS untuk upaya perangnya.

Koleksi Meta History: Museum of War adalah serangkaian gambar digital. NFT ini termasuk gambar siluet pesawat tempur, tangkapan layar laporan berita, dan gambar ledakan bergaya kartun yang masing-masing menandai hari yang berbeda dalam konflik Ukraina-Rusia.

Kementerian Transformasi Digital Ukraina mulai meminta sumbangan dalam token digital seperti bitcoin dan eter tiga hari setelah Rusia meluncurkan invasinya. 

Baca Juga: Tokocrypto Meluncurkan Proyek NFT AZN Verse

Menurut pesan di situs web koleksi, seri NFT baru ini bertujuan untuk menyebarkan informasi yang benar di antara komunitas digital di dunia dan untuk mengumpulkan sumbangan untuk dukungan Ukraina.

NFT adalah jenis aset kripto yang meledak popularitasnya tahun lalu. NFT ini menggunakan teknologi di balik bitcoin untuk merekam siapa yang memiliki file digital dari gambar ke video atau teks.

Wakil Menteri Transformasi Digital Ukraina, Alex Bornyakov dalam postingannya di Twitter bulan ini mengatakan, Ukraina sejauh ini telah membeli pasokan untuk militernya dengan sumbangan kripto termasuk rompi antipeluru, helm, makanan dan obat-obatan. 

NFT biasanya dibeli dengan cryptocurrency seperti eter. NFT Ukraina awalnya akan berharga 0,15 eter atau lebih dari US$ 475. Dana tersebut akan langsung masuk ke dompet kripto digital Kyiv, menurut situs web.

Baca Juga: Ukraina Luncurkan Program Donasi Cryptocurrency untuk Mengatasi Dampak Perang

Peningkatan eksplosif dalam penjualan NFT membuat banyak pengamat bingung mengapa begitu banyak uang dihabiskan untuk barang-barang yang tidak ada secara fisik.

Namun, mereka telah menjadi alat penggalangan dana yang populer dalam beberapa bulan terakhir, dengan sekelompok orang mengumpulkan dana kripto mereka untuk membeli NFT guna meningkatkan kesadaran akan penyebab tertentu.




TERBARU

[X]
×