kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,45   -20,04   -2.17%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ukraina Luncurkan Program Donasi Cryptocurrency untuk Mengatasi Dampak Perang


Selasa, 15 Maret 2022 / 12:20 WIB
Ukraina Luncurkan Program Donasi Cryptocurrency untuk Mengatasi Dampak Perang
ILUSTRASI. Ilustrasi mata uang kripto


Sumber: The Straits Times | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - KYIV. Pemerintah Ukraina pada hari Senin (14/3) resmi membuka situs web yang memfasilitasi pemberian donasi dalam bentuk cryptocurrency atau mata uang kripto. Program ini berjalan di bawah kemitraan dengan perusahaan kripto FTX dan Everstake.

Mengutip The Straits Times, situs Aid for Ukraine saat ini telah menerima sumbangan dalam beberapa jenis cryptocurrency seperti Bitcoin, Ethereum, Tether, Dogecoin, Solana, Polkadot, Monero, ICON, serta NEO N3.

Wakil Menteri Transformasi Digital Ukraina, Oleksandre Borniakov, mengatakan bahwa cryptocurrency memainkan peran penting dalam pertahanan Ukraina. Ia berharap masyarakat global tergerak untuk membantu Ukraina di masa sulit seperti saat ini.

Baca Juga: Palang Merah: Perang Ukraina adalah Mimpi Buruk Bagi Mereka yang Tinggal di Sana

"Aset Cryptocurrency telah terbukti sangat berharga dalam memfasilitasi aliran dana ke warga dan tentara Ukraina dan dalam meningkatkan kesadaran dan minat di kalangan publik global," kata Borniakov dalam sebuah pernyataan.

Perusahaan kripto Everstake, salah satu yang terbesar di Ukraina, akan mengizinkan pengguna untuk memberikan donasi dalam mata uang kripto selain yang tercantum di situs.

Situs resmi pemerintah itu juga berencana untuk menambahkan fitur di mana pengunjung bisa berdonasi dalam bentuk token non-fungible (NFT) di masa mendatang.

Baca Juga: Pemerintah Inggris Beri Tunjangan untuk Warganya yang Menampung Pengungsi Ukraina

Program ini juga berjalan di bawah FTX, platform pertukaran yang berbasis di Bahama. Platform ini didirikan oleh miliarder AS Sam Bankman-Fried. FTX menyatakan akan mengubah dana yang disumbangkan menjadi dolar dan menyalurkannya ke Bank Nasional Ukraina.

Platform pertukaran mata uang kripto Ukraina, Kuna, juga juga merupakan bagian dari program pemerintah ini.

Berdasarkan pantauan KONTAN, situs Aid for Ukraina hingga Selasa (15/3) siang sudah berhasil mengumpulkan US$ 48,5 juta. Target yang hendak dicapai adalah US$ 200 juta.

Kementerian Transformasi Digital Ukraina dan semua mitra yang terlibat dalam program ini memastikan semua uang yang didapat akan digunakan untuk mendukung militer Ukraina serta warga sipil yang membutuhkan bantuan kemanusiaan.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×