kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,15   -4,52   -0.50%
  • EMAS939.000 0,21%
  • RD.SAHAM 0.83%
  • RD.CAMPURAN 0.50%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Gara-gara corona, KFC harus hapus slogan bisnis yang sudah terkenal ini


Kamis, 27 Agustus 2020 / 06:34 WIB
Gara-gara corona, KFC harus hapus slogan bisnis yang sudah terkenal ini
ILUSTRASI. Gara-gara corona, KFC harus hapus slogan bisnis yang sudah terkenal ini. KONTAN/Andy Dwijayanto

Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Penyebaran dan penularan Covid-19 mempengaruhi roda bisnis dan investasi. Banyak perusahaan tutup akibat virus corona. Selain itu, ada juga perusahaan yang harus rela mengganti slogan akibat pandemi corona. 

Raksasa makanan cepat saji KFC mengatakan mereka untuk sementara menghapus slogan karena dianggap tidak sesuai dengan protokol kesehatan untuk menekan penyebaran wabah virus corona. Selama ini iklan-iklan KFC identik dengan slogan " Finger Lickin' Good", atau "jilat jari", yang mengirim pesan bahwa produk KFC sangat enak, hingga pembeli rela menjilat jari-jari tangan, untuk merasakan makanan KFC.

Baca juga: Menteri Keuangan Sri Mulyani ulang tahun, ini kadonya 

Namun, pandemi Covid-19 membuat perusahaan ini berpikir ulang atas slogan tersebut. "Kami berada di situasi yang unik, kami punya slogan yang ikonik, namun [pada saat ini] tidak terlalu sesuai dengan kondisi yang ada," kata keterangan yang dikeluarkan KFC.

Dalam iklan di Twitter dan YouTube, KFC antara lain meminta konsumen "melupakan slogan Finger Lickin' Good tersebut". Narasi iklan tersebut mengatakan, "[Ingat kan] apa yang selalu kami ucapkan? Abaikan. Untuk saat ini."

Beberapa pengguna media sosial berkomentar, sebenarnya slogan ini "tidak bertentangan dengan protokol kesehatan". Tapi, tak sedikit yang memprotes slogan itu dengan alasan kata-kata dalam slogan itu tak mendorong warga menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi.

Dipakai sejak 1950-an Otoritas iklan di Inggris misalnya menerima 163 surat keberatan dengan iklan KFC di televisi yang memperlihatkan orang-orang yang menjilat jari. Mereka yang mengajukan keberatan mengatakan perilaku seperti yang ditunjukkan dalam iklan KFC di televisi bisa meningkatkan penyebaran dan penularan Covid-19.

Sejak itu KFC menarik iklan ini. Setelah menarik iklan, KFC sekarang menghapus untuk sementara slogan "Finger Lickin' Good". Namun KFC mengatakan akan kembali memakai slogan itu jika situasinya telah memungkinkan.

Di Eropa, gerai KFC tutup seiring dengan penerapakan karantina wilayah sejak Maret. Namun sekarang, hampir semua restoran mereka di Inggris sudah buka lagi. KFC didirikan pada 1930-an oleh Harland Saunders dan membuka restoran waralaba pertama pada 1950-an.

Baca juga: Studi di Jerman ungkap zona penularan covid-19 tertinggi 

Pembukaan restoran waralaba juga menandai penggunaan slogan "Finger Lickin' Good". Slogan ini pernah dihapus pada 1990-an, tapi dipakai lagi mulai 2008. Jumlah gerai KFC berjumlah sekitar 22.500 di seluruh dunia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Slogan "Jilat Jari" Milik KFC Dihapus Ikuti Protokol Kesehatan di Tengah Pandemi Covid-19", 

Editor : Miranti Kencana Wirawan




TERBARU

[X]
×