kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

GE bersiap menjual dua unit usaha senilai US$ 4 M


Jumat, 16 Desember 2016 / 06:38 WIB
GE bersiap menjual dua unit usaha senilai US$ 4 M


Reporter: Yuwono Triatmodjo | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

BOSTON. Perusahaan multinasional dibidang elektronik, General Electric Company berencana melakukan langkah perbaikan seiring penurunan kinerja mereka di tahun 2016.

Dua langkah strategis tersebut adalah menjual dua unit industri kecil dan memangkas jumlah karyawan. Seperti diwartakan Wall Street Journal, Rabu (14/12), dua bisnis yang akan dilepas tersebut terdiri, dari bisnis industrial solution business atawa solusi bisnis.

Bisnis ini bergerak dalam usaha pembuatan peralatan listrik, distribusi dan jaringan. Sementara bisnis kedua yang hendak dilepas adalah usaha pengolahan air yang dikembangkan GE Water. GE akan melepas kedua bisnisnya tersebut pada harga penawaran US$ 4 miliar.

Termahal industrial solution business yang dibanderol seharga US$ 3 miliar. Dalam paparannya kepada analis, CEO General Electric, Jeff Immelt mengatakan, pada tahun 2017 pihaknya membidik perolehan laba operasional senilai US$ 19 miliar dan pendapatan sebesar US$ 135 miliar.

Adapun organic revenue (pendapatan organik) akan tumbuh antara 3%–5%. Immelt menyebut, targetnya bisa tercapai jika GE bisa lebih fokus pada bisnis industri berat dan menjual layanan berbasis perangkat lunak dan digital.

GE telah melepas sejumlah unit usaha yang dinilai tidak menjadi bagian dalam bisnis inti. Terakhir kali, GE menjual GE Capital Financial Services kepada Wells Fargo. Penjualan tersebut yang dilakukan pada tahun 2015.

"Kami telah membuat perusahaan ini menjadi lebih sederhana dan fokus," tutur Immelt seperti dikutip Wall Street Journal. Immelt menambahkan, dia telah merombak cara GE memproduksi barang. Dia juga memperluas penggunaan teknologi tiga dimensi (3D) percetakan untuk memproduksi komponen bagian dalam mesin jet.

Di luar negeri, GE telah membangun industri hingga dua kali lipat sejak 15 tahun terakhir. Hal yang sama juga GE lakukan di dalam negeri. Dari aksinya tersebut, total luas pabrik GE kini sudah mencapai 150 juta meter².

Namun dalam jangka pendek, lanjut Immelt, GE bakal mengurangi jumlah karyawannya di seluruh dunia. Dari strategi ini saja, GE berharap dapat membukukan penghematan sebesar US$ 100 juta saban tahun.




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×