Gedung Putih umumkan rencana bagi-bagi 25 juta masker gratis

Kamis, 25 Februari 2021 | 15:53 WIB Sumber: Forbes
Gedung Putih umumkan rencana bagi-bagi 25 juta masker gratis

ILUSTRASI. Presiden AS Joe Biden menandatangani perintah eksekutif di Ruang Oval Gedung Putih di Washington, setelah dilantik sebagai Presiden ke-46 Amerika Serikat, AS, 20 Januari 2021.


KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Pemerintahan Joe Biden di Gedung Putih pada hari Rabu (24/2) mengumumkan rencananya untuk membagikan hingga 25 juta masker gratis ke masyarakat yang membutuhkan.

Dikutip dari Forbes, Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan (HHS) dan Departemen Pertahanan akan menyediakan masker untuk Pusat Kesehatan Komunitas Berkualifikasi Federal, dengan lebih dari 1.300 pusat yang memenuhi syarat untuk meminta masker gratis untuk didistribusikan.

Bukan cuma itu, Departemen Pertahanan dan Departemen Pertanian juga akan memberikan masker kepada bank makanan di seluruh negeri untuk didistribusikan.

Baca Juga: Biden membatalkan kebijakan Trump yang membokir banyak pemohon kartu hijau masuk AS

Nantinya warga Amerika yang memanfaatkan pusat kesehatan dan bank makanan akan dapat menerima paket berisi dua masker yang bisa digunakan oleh keluarga mereka.

Saat ini Gedung Putih berharap ada sekitar 12 hingga 15 juta warga Amerika yang bisa menerima masker gratis ini. Dengan paket yang berisi dua buah masker, maka pemerintah AS akan mendistribusikan lebih dari 25 juta masker.

"Tidak semua orang Amerika memakai masker secara teratur, tidak semua orang Amerika memiliki akses dan tidak semua masker sama," ungkap koordinator penanganan virus corona Gedung Putih, Jeffrey Zients.

Zients berharap, langkah ini bisa membantu semua warga AS untuk ada di posisi yang sama dalam hal penggunaan masker. Tidak hanya soal penggunaannya yang merata, tapi juga kualitas masker yang benar-benar baik.

Baca Juga: AS dan Kanada siap perkuat kerja sama untuk melawan pengaruh China

Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

Terbaru