kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -928,35   -100.00%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gelar latihan militer di laut, militer China kirim peringatan ke Taiwan


Selasa, 12 Oktober 2021 / 12:07 WIB
Gelar latihan militer di laut, militer China kirim peringatan ke Taiwan
ILUSTRASI. Kapal perusak rudal kelas Luyang III Type 052D milik China.


Sumber: South China Morning Post | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Militer China kembali menggelar latihan militer pada Senin (11/10) di wilayah pantai yang berseberangan langsung dengan Taiwan. Melalui latihan ini, China bersiap untuk mengadang pasukan Taiwan.

Dilansir dari South China Morning Post, tentara China telah melakukan pendaratan di pantai dan latihan penyerangan di bagian Selatan Provinsi Fujian, yang berada tepat di seberang laut dari Taiwan.

Pada Selasa (12/10), militer China, melalui surat kabar PLA Daily, mengatakan, pihaknya merasa sangat yakin mampu menggagalkan semua campur tangan eksternal dan tindakan separatis terkait kemerdekaan Taiwan.

"Jika pasukan separatis Taiwan berani memisahkan Taiwan dari China dengan nama apa pun, dan dengan cara apa pun, Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) akan dengan tegas menghancurkannya juga dengan cara apa pun," kata militer China.

Baca Juga: China sebut penyatuan dengan Taiwan amanat sejarah yang harus dipenuhi

Peringatan keras ini datang menyusul semakin aktifnya militer China di sekitar Taiwan. Pekan lalu, rekor kunjungan pesawat militer tercatat. Pada 4 Oktober lalu, sekitar 56 pesawat tempur China mendekati Taiwan dalam rangkaian latihan tempur.

Surat kabar militer China mengabarkan, latihan militer pada Senin melibatkan pasukan kejutan, tim pencari ranjau, dan pasukan ahli perahu.

Pasukan yang ikut serta dibagi ke dalam beberapa gelombang dengan misi untuk merebut wilayah pantai dan melakukan tugas militer lanjutan yang tidak dijelaskan secara perinci.

Selama akhir pekan lalu, Presiden China Xi Jinping terus menegaskan, China berharap agar Taiwan bisa bersatu kembali ke China daratan dengan cara yang damai. Xi juga menyebutkan, semua pihak yang menolak gagasan ini akan mendapat penolakan dari rakyat.

Baca Juga: Situasi memanas! Presiden Taiwan balas pernyataan Presiden China, ini katanya




TERBARU

[X]
×