kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Gembira, Saudi Aramco berhasil capai target Putra Mahkota senilai US$ 2 triliun


Jumat, 13 Desember 2019 / 07:23 WIB
Gembira, Saudi Aramco berhasil capai target Putra Mahkota senilai US$ 2 triliun
ILUSTRASI. Ilustrasi Saudi Aramco. REUTERS/Ahmed Yosri NO RESALES. NO ARCHIVES.

Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - RIYADH. Saudi Aramco gembira bukan kepalang. Perusahaan minyak milik pemerintah Arab Saudi ini berhasil mencapai target IPO senilai US$ 2 triliun pada Kamis (12/12).

Nilai itu memang ditargetkan oleh pemimpin Saudi de-facto Putra Mahkota Mohammed bin Salman. Padahal sebelumnya, banyak pihak yang pesimistis  tentang nilai perusahaan minyak terbesar di dunia itu.

Penawaran umum perdana (IPO) Aramco adalah inti dari visi putra mahkota Saudi untuk mendiversifikasi kerajaan dari ketergantungan minyaknya dengan menggunakan dana senilai US$ 25,6 miliar yang dikumpulkan untuk mengembangkan industri lain.

Baca Juga: Saudi Aramco akan gunakan opsi greenshoe 15% dalam 30 hari pertama perdagangan saham

Tapi nilai itu jauh di bawah pencapaian tahun 2016 yang menargetkan sebanyak US$ 100 miliar melalui blockbuster IPO internasional dan domestik.

Riyadh mengurangi ambisinya setelah investor luar negeri menentang penilaian yang diusulkan dan hanya 1,5% saham Saudi Arabian Oil Co (Aramco) yang terdaftar di bursa efek Riyadh pada hari Rabu.

Saham Aramco melonjak mencapai 38,7 riyal (US$ 10,32), mengangkat nilai pasar di atas US$ 2 triliun dan ditutup pada level 36,8 riyal atau naik 4,5% dari penutupan Rabu. Data Refinitiv menunjukkan, nilai perusahaan saat ini adalah US$ 1,96 triliun.

Baca Juga: Putra Mahkota Arab Saudi menelepon Donald Trump, ada urusan apa?

Sementara, lompatan harga saham sebesar 10% pada saham pada debut IPO, kenaikan maksimum yang diizinkan oleh bursa Riyadh, dielu-elukan oleh pemerintah Saudi sebagai dukungan sebagian besar dari warga Saudi dan Teluk yang loyal daripada investor luar negeri.




TERBARU

Close [X]
×