kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Putra Mahkota Arab Saudi menelepon Donald Trump, ada urusan apa?


Senin, 09 Desember 2019 / 08:28 WIB
Putra Mahkota Arab Saudi menelepon Donald Trump, ada urusan apa?
ILUSTRASI. Mohammed bin Salman REUTERS/Jorge Silva


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - RIYADH. Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman menelepon Presiden AS Donald Trump pada hari Minggu (8/12) untuk menyatakan belasungkawa dan dukungannya bagi keluarga para korban penembakan di pangkalan angkatan laut Florida. Melansir Reuters, hal itu diberitakan oleh kantor berita resmi negara Arab Saudi.

Selain itu, Putra Mahkota juga meyakinkan Trump bahwa pemerintah Saudi akan menawarkan kerja sama absolut mereka dengan AS dan memberikan semua informasi yang bisa membantu penyelidikan.

Para penyelidik meyakini, seorang letnan Angkatan Udara Saudi bertindak sendirian ketika dia membunuh tiga orang dan melukai delapan orang di pangkalan Angkatan Laut AS di Pensacola, Florida, sebelum secara fatal ditembak oleh seorang wakil sheriff, kata FBI pada hari Minggu.

Baca Juga: Tentara Arab Saudi melakukan aksi penembakan di Pangkalan AS Pensacola, 4 tewas

Melansir Reuters, pria bersenjata pistol itu akhirnya tewas tertembak di pangkalan Angkatan Laut AS di Pensacola.

Penembakan yang berlangsung di sebuah kelas di geduang dua lantai di pangkalan itu, menandai penembakan mematikan kedua di instalasi militer AS minggu ini. Sebelumnya, insiden serupa terjadi di pangkalan Angkatan Udara dan Angkatan Laut bersama di Pearl Harbor pada hari Rabu.

Gubernur Florida Ron DeSantis mengatakan tersangka menghadiri pelatihan di pangkalan itu sebagai bagian dari program Angkatan Laut lama yang melibatkan anggota militer Saudi.

Baca Juga: IPO Saudi Aramco dan ambisi besar Putra Mahkota merombak ekonomi kerajaan Arab

"Pemerintah Arab Saudi perlu berbuat sesuatu bagi para korban ini. Mereka akan memiliki utang di sini, mengingat ini adalah salah satu warga mereka," kata DeSantis pada konferensi pers.

Presiden AS Donald Trump mengatakan Raja Arab Saudi sudah menelponnya untuk menyampaikan belasungkawa dan simpati kepada para korban.

"Raja mengatakan bahwa rakyat Saudi sangat marah dengan tindakan biadab penembak," tulis Trump di Twitter.

Baca Juga: Digosipkan marah dan ancam banjiri pasar minyak, pejabat Arab Saudi angkat bicara

Salman mengutuk penembakan itu dalam pernyataan tertulis dan mengatakan dinas keamanan pemerintahnya akan bekerja sama dengan agen-agen AS untuk mengungkap penyebabnya.

"Pelaku kejahatan keji ini tidak mewakili rakyat Saudi, yang menganggap rakyat Amerika sebagai teman dan sekutu," kata Salman.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×