kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45991,60   -2,56   -0.26%
  • EMAS1.135.000 -0,09%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Google Rayakan Ulang Tahun ke-25, Ini Kisah dan Kekayaan Pendiri Google


Rabu, 27 September 2023 / 06:21 WIB
Google Rayakan Ulang Tahun ke-25, Ini Kisah dan Kekayaan Pendiri Google
ILUSTRASI. Sejarah Google dimulai oleh Larry Page dan Sergey Brin pada 1996. Pendiri Google tersebut bertemu di Universitas Stanford.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Google merayakan ulang tahunnya yang ke-25 pada 27 September 2023. Pada hari ini Google Doodle pun berbentuk angka 25 dan halaman Google dihiasi pita ulang tahun. 

Tanggal ulang tahun Google sebenarnya beberapa kali berubah. Google didirikan oleh Sergey Brin dan Larry Page pada 4 September 1998. 

Namun, tanggal ulang tahun Google pernah diubah menjadi 7 September dan 8 September. Kemudian, pada 2006 tanggal ulang tahun Google diubah lagi menjadi 27 September. 

Tanggal tersebut bertepatan dengan pengumuman rekor jumlah halaman yang diindeks mesin pencari Google. Saat ini, Google menjadi mesin pencari paling banyak digunaakan di dunia. 

Lantas, seperti apa kisah pendiri Google Sergey Brin dan Larry Page? 

Baca Juga: Judi Online Semakin Merajalela, Kominfo Gencarkan Pemberantasan

Kisah Sergey Brin dan Larry Page mendirikan Google 

Sejarah Google dimulai oleh Larry Page dan Sergey Brin pada 1996. Pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin bertemu di Universitas Stanford pada 1995 sebagai mahasiswa pasca-sarjana. 

Dirangkum dari laman Britannica, Brin dan Page tertarik dengan gagasan untuk mengekstraksi makna dari kumpulan data yang terkumpul di Internet. 

Pendiri Google ini mulai bekerja dari kamar asrama Page di Stanford untuk merancang jenis teknologi pencarian terbaru, yang mereka beri nama BackRub. 

Baca Juga: Ingin Penjualan Melejit? Ini 5 Tips Tingkatkan Penjualan di Tokopedia

Pada pertengahan 1998 Brin dan Page mulai menerima pendanaan dari luar. Salah satu investor pertama mereka adalah Andy Bechtolsheim, salah satu pendiri Sun Microsystems, Inc.. 

Mereka akhirnya mengumpulkan sekitar $ 1 juta dari investor, keluarga, dan teman-teman dan membangun tempat di Menlo Park, California, dengan nama Google. 

Nama Google berasal dari kesalahan ejaan googol yakni istilah matematika untuk angka satu diikuti oleh seratus nol dalam desimal. 

Baca Juga: Update Harga Emas LM Antam, Pahami Kunci Sukses Investasi Emas

Profil pendiri Google, Larry Page

 larry page pendiri Google

Pendiri Google, Larry Page yang bernama lengkap Lawrence Edward Page, lahir pada 26 Maret 1973 di East Lansing, Michigan, Amerika Serikat. Ayah Larry Page adalah seorang profesor ilmu komputer di Michigan State University. 

Dikutip dari Britannica, Larry Page mendapat gelar sarjana teknik komputer dari University of Michigan (1995) dan masuk ke program pasca-sarjana di Stanford, di mana ia bertemu Brin.

Keduanya sama-sama tertarik dengan gagasan untuk meningkatkan kemampuan mengekstraksi makna dari kumpulan data yang terkumpul di internet. 

Baca Juga: Dianggap Lalai, Google Digugat karena Google Maps

Bekerja dari kamar asrama Larry Page, kedua pendiri Google tersebut merancang teknologi mesin pencari. Untuk mengembangkan mesin pencari mereka, Page dan Brin mengumpulkan sekitar $1 juta dari pendanaan luar dari investor, keluarga, dan teman. 

Pada September 1998 keduanya mendirikan Google Inc., dengan Page sebagai chief executive officer (CEO). 

Tahun berikutnya Google menerima $25 juta dana modal ventura dan memproses 500.000 pencarian per hari. Pada 2001, Larry Page mundur sebagai CEO dan menjadi president of product

Baca Juga: Makin Diminati, Produsen Elektronik Optimalkan Produksi Smart TV

Dia digantikan oleh Eric Schmidt. Namun, Larry Page tetap terlibat erat dalam menjalankan Google. Pada tahun 2011 Larry Page kembali menjadi CEO Google, Schmidt telah pindah ke posisi executive chairman.

Lalu, pada Agustus 2015 Google direstrukturisasi sebagai anak perusahaan dari perusahaan induk yang baru dibuat, Alphabet Inc., dan Page menjadi CEO Alphabet.

Kemudian, di Desember 2019, Larry Page meninggalkan jabatan itu tetapi terus berada di dewan direksi Alphabet. Page telah menikah dengan ilmuwan dan peneliti, Lucinda Southworth sejak 2007. Pasangan itu memiliki dua anak.

Baca Juga: Cara Menggunakan Emoji Kitchen Lewat Gboard hingga Browser, Ciptakan Kombinasi Emoji

Profil pendiri Google, Sergey Brin


Sergey Brin Pendiri Google

Pendiri Google, Sergey Brin lahir tanggal 21 Agustus 1973, di Moskow, Rusia, Uni Soviet. 

Dikutip dari Britannica, keluarga Brin pindah dari Moskow ke Amerika Serikat pada tahun 1979. Setelah menerima gelar dalam ilmu komputer dan matematika di Universitas Maryland pada 1993, ia memasuki program pasca-sarjana Universitas Stanford. 

Di sanalah dia bertemu dengan Larry Page, salah satu pendiri Google. Setelah itu, pada 1998, bersama dengan Larry Page, Sergey Brin berhasil mendirikan Google. 

Pada Agustus 2015 Google direstrukturisasi sebagai anak perusahaan dari perusahaan induk yang baru dibuat, Alphabet Inc., dan Sergey Brin bergabung dengan perusahaan tersebut. 

Baca Juga: Cara Menggunakan Emoji Kitchen Lewat Gboard hingga Browser, Ciptakan Kombinasi Emoji

Pada November 2016, Brin menduduki peringkat 13 dalam daftar orang terkaya di dunia versi Forbes. Lalu, pada awal 2017 Sergey Brin menjadi berita utama karena ikut memprotes kebijakan imigrasi Presiden Donald Trump di Bandara Internasional San Francisco.

Pada Desember 2019, Sergey Brin mengundurkan diri sebagai presiden Alphabet, perusahaan induk Google, tetapi tetap menjadi pemegang saham pengendali dan anggota dewan. Sergey Brin juga dilaporkan mendanai proyek pesawat berteknologi tinggi. 

Dikutip dari laman Biography, Sergey Brin menikahi salah satu pendiri 23andMe, Anne Wojcicki. Namun, rumah tangga Brin tak berjalan mulus. 

Brin dan Anne akhirnya bercerai pada 2015. Brin menikah dengan pengacara dan pengusaha Nicole Shanahan pada tahun 2018. Keduanya juga memiliki seorang putri pada akhir tahun itu.

Baca Juga: Cara Hapus Riwayat Pencarian Google, Ikuti Panduan Mudah Ini

Kekayaan pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin 

Dikutip dari laman Forbes (27/9/2023), saat ini Larry Page CEO dari Alphabet. Sementara Sergey Brin menjabat sebagai presiden Alphabet. 

Total kekayaan pendiri Google, Larry Page per 26 September 2023 mencapai US$ 108,4 miliar atau sebesar Rp 1.679,67 triliun. 

Dengan total kekayaan tersebut, Larry Page berada dalam urutan orang terkaya di dunia ke-12 versi Forbes. 

Sementara itu, total kekayaan pendiri Google, Sergey Brin per 26 September 2023 adalah US$ 76 miliar atau mencapai Rp 1.177,69 triliun. Total kekayaan Sergey Brin menjadikannya sebagai orang terkaya ke-14 di dunia versi Forbes. 

Demikian penjelasan mengenai kisah dan kekayaan pendiri Google yang berulang tahun ke-25 hari ini. 




TERBARU

[X]
×