kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Ditutup Turun Lebih dari 3%, WTI Kembali ke Bawah US$ 80 Per Barel


Kamis, 24 November 2022 / 05:57 WIB
Harga Minyak Ditutup Turun Lebih dari 3%, WTI Kembali ke Bawah US$ 80 Per Barel
ILUSTRASI. Harga minyak kembali mendingin


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - HOUSTON. Harga minyak mentah turun lebih dari 3% dan melanjutkan rentetan perdagangan yang bergejolak, karena negara-negara Kelompok Tujuh (G7) mempertimbangkan pembatasan harga minyak Rusia di atas tingkat pasar saat ini dan karena persediaan bensin di Amerika Serikat dibangun oleh lebih dari yang diperkirakan analis.

Rabu (23/11), harga minyak mentah jenis Brent untuk kontrak pengiriman Januari 2023 ditutup turun US$ 2,95 atau 3,3% menjadi US$ 85,41 per barel.

Sejalan, harga minyak mentah jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman Januari 2023 juga ditutup melemah US$ 3,01 atau 3,7% ke US$ 77,94 per barel.

Padahal di awal perdagangan sesi tersebut, kedua kontrak minyak acuan tersebut telah naik lebih dari US$ 1 per barel.

Berdasarkan data Energy Information Administration (EIA), stok bensin Amerika Serikat (AS) naik 3,1 juta barel, jauh melebihi perkiraan para analis sebesar 383.000 barel.

Baca Juga: Musim Dingin, Harga Komoditas Energi Siap Kembali Memanas

"Peningkatan bensin agak mengejutkan," kata Phil Flynn, seorang analis di grup Price Futures. "Peningkatan pasokan bensin menunjukkan bahwa mungkin kita melihat permintaan melemah atau bensin akan habis menjelang liburan."

Data EIA juga menunjukkan penarikan 3,7 juta barel dalam persediaan minyak mentah, dibandingkan dengan ekspektasi analis dalam jajak pendapat Reuters untuk penurunan 1,1 juta barel.

Harga terpukul lebih lanjut oleh laporan bahwa batas harga G7 pada minyak Rusia bisa berada di atas level yang diperdagangkannya.

Negara-negara G7 melihat batas harga minyak lintas laut Rusia di kisaran US$ 65-US$ 70 per barel, menurut seorang pejabat Eropa pada hari Rabu.

Sementara itu, minyak mentah Ural yang dikirim ke Eropa barat laut URL-NWE-E diperdagangkan sekitar US$ 62-US$ 63 per barel, meskipun lebih tinggi di Mediterania URL-E sekitar US$ 67-US$ 68 per barel, data Refinitiv menunjukkan.

Karena biaya produksi diperkirakan sekitar $20 per barel, pembatasan tersebut masih akan menguntungkan bagi Rusia untuk menjual minyaknya dan dengan cara ini mencegah kekurangan pasokan di pasar global.

Seorang pejabat senior Departemen Keuangan AS mengatakan pada hari Selasa bahwa batas harga mungkin akan disesuaikan beberapa kali dalam setahun.

Baca Juga: Beri Sanksi dan Lakukan Kontrol, Koalisi G7 akan Tentukan Batas Harga Minyak Rusia

Berita itu menambah kekhawatiran tentang permintaan dari importir minyak mentah utama China, yang telah bergulat dengan lonjakan kasus COVID-19, dengan aturan pengetatan Shanghai pada Selasa malam.

Tekanan lebih lanjut datang dari prospek ekonomi OECD yang mengantisipasi perlambatan ekspansi ekonomi global tahun depan.

"Sisi baiknya, OECD tidak membayangkan resesi global dan mungkin ini membantu harga minyak dan saham menguat lebih lanjut," kata analis Tamas Varga di PVM Oil Associates.

Harga menemukan beberapa dukungan setelah risalah dari pertemuan November Federal Reserve menunjukkan sebagian besar pembuat kebijakan setuju akan segera tepat untuk memperlambat kenaikan suku bunga.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×