kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harta karun 405 koin emas ditemukan, diduga peninggalan Dinasti Abbasiyah


Rabu, 26 Agustus 2020 / 07:55 WIB
Harta karun 405 koin emas ditemukan, diduga peninggalan Dinasti Abbasiyah
ILUSTRASI. Ilustrasi arkeolog temukan harta karun 405 koin emas. REUTERS/Edgar Su


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Tel Aviv. Harta karun sering menjadi bahan cerita dongeng maupun film. Kini, harta karun bukan lagi cerita fiktif. Sebuah harta karun berisi emas ditemukan di Israel.

Penggalian situs kuno di Israel menemukan harta karun koin emas yang sudah berumur lebih dari 1.000 tahun. Harta karun itu berisi 425 koin emas. 

Baca juga: Inilah cara perawatan luka diabetes agar tidak diamputasi 

Dilansir dari Reuters, Israel Antiquities Authorities mengatakan harta karun itu ditemukan pada 18 Agustus. Arkeolog dari Israel Antiquities Authorities Liat Nadav-Ziv dan Elie Haddad dalam sebuah pernyataan bersama mengatakan mungkin orang yang menimbun koin emas tersebut berharap dapat mengambilnya kembali karena mengamankan bejana koin emas dengan paku agar tidak bergerak. “Kami hanya bisa menebak apa yang mencegahnya kembali untuk mengumpulkan harta karun ini,” sambung Nadav-Ziv.

Dilansir Associated Press, penemuan harta karun ratusan koin emas tersebut ditemukan setelah dilakukan penggalian di dekat pusat Kota Yavne. Sebagian besar koin tersebut berasal dari periode Dinasti Abbasiyah sekitar 1.100 tahun lalu.

Menurut Nadav-Ziv dan Elie Haddad, penemuan harta karun itu sangat langka. Mereka mengatakan harta karun tersebut digali dan ditemukan oleh sukarelawan berusia muda.

Seorang ahli koin, Robert Kool, mengatakan bahwa analisis awal dari tanggal koin menunjukkan bahwa koin itu berasal dari akhir abad ke-9. Era itu dianggap sebagai masa kejayaan Dinasti Abbasiyah yang menguasai sebagian besar wilayah timur Eropa dan Afrika Utara. Penemuan itu salah satu temuan harta karun berskala besar yang ditemukan di Israel.

Pada 2015, penyelam amatir menemukan sekitar 2.000 koin emas di lepas pantai kota pelabuhan kuno Caesarea. Koin emas tersebut diyakini yang berasal dari periode Dinasti Fatimiyah pada abad ke-10 dan ke-11. "Mudah-mudahan studi tentang penimbunan koin ini akan memberi tahu kita lebih banyak tentang periode yang masih sangat sedikit kita ketahui," kata Kool.

Baca juga: Pakar Korea Utara ini berharap adik Kim Jon Un tidak jadi pemimpin tertinggi 

Kool menambahkan dengan uang sebanyak itu, seseorang dapat membeli rumah mewah di salah satu lingkungan terbaik di Fustat. Fustat adalah ibu kota Mesir yang sangat kaya pada masa itu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Israel Temukan Harta Karun 425 Koin Emas di Bawah Tanah, Peninggalan Dinasti Abbasiyah"

Penulis : Danur Lambang Pristiandaru
Editor : Danur Lambang Pristiandaru




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×