kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,64   6,79   0.75%
  • EMAS1.395.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Hezbollah Melancarkan Serangan Besar ke Israel, Ledakan Sonic Mengguncang Beirut


Kamis, 04 Juli 2024 / 19:41 WIB
Hezbollah Melancarkan Serangan Besar ke Israel, Ledakan Sonic Mengguncang Beirut
ILUSTRASI. Israel's Iron Dome anti-missile system intercepts rockets launched from Lebanon towards Israel over the Israeli Lebanese border, as seen from northern Israel, April 12, 2024. REUTERS/Ayal Margolin 


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - BEIRUT/YERUSALEM. Hezbollah Lebanon meluncurkan serangan besar dengan roket dan drone ke Israel pada hari Kamis (4/7).

Sekaligus mengancam akan menyerang target baru sebagai balasan atas pembunuhan seorang komandan tinggi.

Dipicu oleh perang di Gaza, konflik antara Hezbollah yang didukung Iran dan Israel telah semakin intensif selama beberapa bulan, menimbulkan kekhawatiran akan perang skala penuh yang keduanya berusaha untuk hindari dan sedang diupayakan oleh diplomat untuk dicegah.

Saat kekerasan terbaru terjadi di daerah-daerah di atau dekat perbatasan - sesuai dengan pola selama sembilan bulan terakhir - suara ledakan sonic mengguncang saraf untuk hari kedua berturut-turut di Beirut dan bagian lain Lebanon.

Baca Juga: Israel Transfer US$ 116 Juta dari Pendapatan Pajak Tertahan ke Palestina

Jet-jet Israel memecahkan penghalang suara di beberapa area negara itu, lapor Kantor Berita Nasional Lebanon.

Hezbollah mengatakan telah meluncurkan lebih dari 200 roket dan sekawanan drone ke-10 pangkalan militer Israel sebagai balasan atas pembunuhan komandan Hezbollah, Mohammed Nasser, di selatan pada hari Rabu (3/7).

Nasser adalah salah satu komandan senior Hezbollah yang terbunuh oleh Israel selama konflik.

Militer Israel mengatakan sekitar "200 proyektil dan lebih dari 20 target udara mencurigakan terdeteksi melintasi dari Lebanon ke wilayah Israel", beberapa di antaranya dicegat oleh pertahanan udara Israel dan jet tempur.

Layanan ambulans Israel mengatakan tidak ada korban yang dilaporkan. Militer Israel mengatakan, beberapa drone dan pecahan peluru interceptor menyebabkan kebakaran.

Angkatan udara Israel "menyerang struktur militer Hezbollah" di daerah Ramyeh dan Houla, katanya, mengacu pada dua desa di Lebanon selatan.

Pejabat senior Hezbollah, Hashem Safieddine, berbicara di sebuah acara di Beirut memperingati Nasser, mengindikasikan kelompoknya akan memperluas sasarannya.

"Serangkaian balasan terus berlanjut secara berurutan, dan seri ini akan terus menargetkan wilayah baru yang tidak dibayangkan musuh akan diserang," kata Safieddine.

Baca Juga: Hezbollah Meluncurkan 200 Roket dan Sejumlah Drone ke Pangkalan Militer Israel

Upaya Diplomatik

Amerika Serikat (AS) memimpin upaya diplomatik untuk meredakan pertempuran. Hezbollah telah mengatakan, tidak akan berhenti menembak selama Israel melanjutkan ofensifnya di Jalur Gaza.

Permusuhan ini telah menyebabkan kerugian besar di kedua sisi perbatasan, memaksa puluhan ribu orang meninggalkan rumah mereka.

Amos Hochstein, seorang pejabat senior AS yang terlibat dalam diplomasi ini, membahas upaya Prancis dan Amerika untuk memulihkan ketenangan dalam pertemuan dengan pejabat Prancis pada hari Rabu, kata seorang pejabat Gedung Putih.

"Prancis dan Amerika Serikat berbagi tujuan untuk menyelesaikan konflik saat ini di sepanjang Garis Biru dengan cara diplomatik, memungkinkan warga sipil Israel dan Lebanon kembali ke rumah dengan jaminan keamanan jangka panjang," kata pejabat tersebut.

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengatakan bahwa pasukan Israel menyerang Hezbollah "sangat keras setiap hari" dan akan siap mengambil tindakan apa pun yang diperlukan melawan kelompok tersebut, meskipun preferensinya adalah mencapai kesepakatan melalui negosiasi.

Baca Juga: Jenderal AS: Serangan Israel di Lebanon Meningkatkan Risiko Perang Lebih Luas

Hezbollah juga meluncurkan roket ke Israel pada hari Rabu sebagai balasan atas pembunuhan Nasser.

Hezbollah mulai menembaki target-target Israel di sepanjang perbatasan dengan Lebanon setelah sekutunya dari Palestina, Hamas, melancarkan serangan ke Israel pada 7 Oktober. Hezbollah menyatakan dukungannya untuk rakyat Palestina.

Serangan Israel di Lebanon telah menewaskan lebih dari 300 pejuang Hezbollah dan sekitar 90 warga sipil, menurut hitungan Reuters.

Israel mengatakan serangan dari Lebanon telah menewaskan 18 tentara dan 10 warga sipil.

Selanjutnya: Bukukan Kenaikan Laba di 2023, Tapi Gudang Garam (GGRM) Absen Bagi Dividen

Menarik Dibaca: 5 Kesalahan Pakai Cushion yang Harus Dihindari, Bikin Cakey dan Mudah Rusak!




TERBARU

[X]
×