kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hingga 130.000 pekerja Palestina akan terima vaksin Covid-19 dari Israel


Senin, 01 Maret 2021 / 09:50 WIB
Hingga 130.000 pekerja Palestina akan terima vaksin Covid-19 dari Israel
ILUSTRASI. Pekerja Palestina yang tidak bisa melintas ke Israel untuk bekerja, berkumpul di titik perbatasan yang ditutup karena kekhawatiran adanya gelombang kedua Covid-19, di dekat Hebron, Tepi Barat, 29 Juni 2020.


Sumber: Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - YERUSALEM. Otoritas Israel pada hari Minggu (2/28) menyetujui rencana untuk memberikan bantuan vaksin kepada warga Palestina yang memiliki izin keja di wilayah yang diduduki Israel.

Dilansir dari Reuters, Koordinator Kegiatan Pemerintahan di Wilayah (COGAT) yang merupakan bagaian dari Kementerian Pertahanan Israel, akan menawarkan vaksin Moderna kepada sekitar 130.000 warga Palestina yang bekerja di Israel atau permukiman Tepi Barat.

Penduduk Palestina sampai saat ini baru menerima dosis yang relatif sedikit jika dibandingkan dengan Israel. Dilaporkan bahwa Israel telah memvaksinasi lebih dari sepertiga populasinya, menjadi salah satu program vaksinasi tercepat di dunia.

Baca Juga: Palestina menuduh Israel telah memblokir vaksin COVID-19 bagi tenaga medis di Gaza

Israel sempat dikritik karena tidak memperluas jangkauan program vaksinasinya ke wilayah Palestina yang didudukinya, termasuk Tepi Barat dan Gaza.

Kini Israel telah setuju untuk memberi pejabat kesehatan Palestina 5.000 dosis vaksin dari Moderna. Saat ini sebanyak 2.000 dosis telah diserahkan ke Palestina. COGAT mengatakan bahwa program vaksinasi untuk warga Palestina akan berjalan dalam beberapa hari ke depan. 

Sekjen Serikat Pekerja Palestina, Shaher Saad mengatakan, ribuan warga Palestina yang bekerja di sektor jasa dan industri Israel telah divaksinasi secara pribadi oleh atasan mereka di Israel.

Setelah ini Saad meyakinkan bahwa di bawah program baru Israel, tim medis Palestina akan mengurus vaksinasi ke pos pemeriksaan militer Tepi Barat.

Baca Juga: Kloter pertama, Israel kirim 2.000 dosis vaksin Covid-19 ke Palestina




TERBARU

[X]
×