kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hingga akhir tahun, Rusia lakukan lagi tiga uji coba rudal hipersonik Tsirkon


Jumat, 09 Oktober 2020 / 13:09 WIB
Hingga akhir tahun, Rusia lakukan lagi tiga uji coba rudal hipersonik Tsirkon
ILUSTRASI. Uji coba rudal hipersonik Tsirkon dari kapal fregat Admiral Gorshkov?Armada Utara Rusia di laut Putih, 6 Oktober 2020


Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - MOSKOW. Kapal fregat Admiral Gorshkov dari Armada Utara Rusia akan melakukan tiga uji peluncuran rudal hipersonik Tsirkon hingga akhir tahun ini, dua sumber di Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan kepada TASS.

"Sebagai bagian dari uji coba penerbangan rudal hipersonik Tsirkon yang sedang berlangsung, tiga uji peluncuran lagi akan dilakukan oleh fregat Admiral Gorshkov. Peluncuran terdekat akan berlangsung pada akhir Oktober atau awal November," kata sumber TASS di Kementerian Pertahanan Rusia, Jumat (9/10).

Sumber lain TASS di Kementerian Pertahanan Rusia membenarkan rencana tersebut. "Tiga peluncuran Tsirkon akan melibatkan serangan nyata ke target laut atau darat, termasuk yang meniru kapal induk atau fasilitas strategis dari musuh," ungkapnya.

Biro desain roket NPO Mashinostroyeniya, bagian dari Tactical Missiles Corporation, yang dianggap oleh media sebagai pengembang roket Tsirkon, menolak mengomentari informasi tersebut ketika dihubungi oleh TASS.

Baca Juga: Uji coba rudal hipersonik sukses, Putin: Ini peristiwa besar untuk Rusia

Pada 7 Oktober, Panglima Angkatan Bersenjata Rusia Jenderal Valery Gerasimov melaporkan kepada Presiden Vladimir Putin melalui konferensi video, bahwa Admiral Gorshkov berhasil menguji coba rudal hipersonik Tsirkon.

Uji coba berjalan di Laut Putih terhadap target laut dengan jarak 450 kilometer (km) yang berada di Laut Barents pada 6 Oktober. Rudal Tsirkon terbang dan mendaki ke ketinggian maksimum 28 km.

Penerbangan rudal Tsirkon tersebut berlangsung hanya empat setengah menit ke sasaran sejauh 450 km. Kecepatan hipersonik Tsirkon saat uji coba itu lebih dari Mach 8, atau delapan kali kecepatan suara.

Selanjutnya: Tsirkon, rudal hipersonik Rusia yang sukses terbang 8 kali kecepatan suara




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×