kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Houthi Memperingatkan Peningkatan Serangan di Laut Merah Selama Ramadan


Rabu, 13 Maret 2024 / 13:30 WIB
Houthi Memperingatkan Peningkatan Serangan di Laut Merah Selama Ramadan
ILUSTRASI. Komando Pusat AS mengatakan pihaknya melakukan enam serangan di Yaman pada hari Senin. DVIDS/Handout via REUTERS


Sumber: Arab News | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - AL-MUKALLA. Komando Pusat AS mengatakan pihaknya melakukan enam serangan di Yaman pada hari Senin, menghancurkan sebuah kapal bawah air tak berawak dan 18 rudal anti-kapal yang telah disiapkan oleh milisi Houthi Yaman untuk diluncurkan ke kapal-kapal AS dan internasional di Laut Merah.

Kelompok tersebut memperingatkan bahwa mereka siap untuk meningkatkan serangan di wilayah tersebut selama bulan Ramadhan.

Houthi meluncurkan dua rudal ke Pinocchio, sebuah kapal milik Singapura dan berbendera Liberia, antara pukul 08:50 hingga 12:50. Waktu Sanaa pada hari Senin, menurut CENTCOM. Rudal tersebut gagal mengenai kapal dan tidak menyebabkan cedera atau kerusakan.

Juru bicara militer Houthi Yahya Sarea mengklaim Pinokio adalah milik AS dan rudal mereka tepat menargetkan kapal tersebut, dan berjanji untuk mengintensifkan serangan mereka terhadap kapal-kapal di Laut Merah, Selat Bab Al-Mandab, dan Teluk Aden selama Ramadan.

Baca Juga: Kelompok Houthi Kembali Tembakkan Rudal ke Kapal Barat di Laut Merah

“Angkatan Bersenjata Yaman menyatakan bahwa, dengan pertolongan Tuhan, aksi militer mereka akan diperluas sepanjang Ramadan, bulan jihad untuk mendukung rakyat Palestina yang tertindas dan saudara-saudara mujahidin kita di Gaza,” kata Sarea dalam sebuah pernyataan yang disiarkan televisi.

Media Houthi juga mengatakan bahwa AS dan Inggris melakukan lima serangan di provinsi utara Saada pada hari Senin, namun tidak memberikan target spesifik.

Sejak November, kelompok Houthi yang didukung Iran telah menyerang kapal-kapal komersial dan militer di perairan internasional di lepas pantai Yaman, mengklaim tindakan mereka mendukung warga Palestina dan berusaha memaksa Israel untuk mengakhiri kampanyenya di Gaza.

Pekan lalu, pemimpin milisi Houthi Abdul Malik Al-Houthi mengatakan kelompoknya telah meluncurkan lebih dari 400 drone dan rudal terhadap lebih dari 60 kapal sejak awal operasi mereka.

 
 
 
 




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×