CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.007,80   -0,91   -0.09%
  • EMAS995.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -0.30%
  • RD.CAMPURAN -0.02%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Ibu Kota Kembali Dibombardir, Kapan Invasi Rusia ke Ukraina Berakhir?


Senin, 06 Juni 2022 / 08:10 WIB
Ibu Kota Kembali Dibombardir, Kapan Invasi Rusia ke Ukraina Berakhir?
ILUSTRASI. Ibu Kota Kembali Dibombardir, Kapan Invasi Rusia ke Ukraina Berakhir?


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Kyiv. Invasi militer Rusia ke Ukraina telah memasuki hari ke-103 pada Senin (6/6/2022) sejak dimulai pada 24 Februari. Terbaru, militer Rusia kembali menyerbu ibu kota Ukraina, Kyiv. Lalu, kapan perang Rusia dan Ukraina berakhir?

Ibu Kota Ukraina, Kyiv, diguncang oleh beberapa ledakan pada Minggu (5/6/2022) pagi waktu setempat. Militer Rusia menggempur Kyiv dengan rudal jelajah yang ditembakkan dari Laut Kaspia, menyerang fasilitas perbaikan kereta api di sana.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, serangan tersebut menghancurkan tank dan kendaraan lapis baja lainnya yang merupakan kiriman dari negara-negara Eropa.

Meski ibu kota kembali dibombardir militer Rusia, Ukraina optimistis bahwa perang di negaranya akibat invasi Rusia akan selesai pada akhir tahun ini. Hal itu disampaikan Menteri Pertahanan (Menhan) Ukraina Oleksii Reznikov, sebagaimana dilansir CNN, Minggu (5/6/2022). “Sulit untuk memprediksi kapan perang akan berakhir, tetapi proyeksi optimistis saya adalah bahwa perang mungkin berakhir pada akhir tahun,” kata Reznikov di forum GLOBSEC-2022 di Bratislava, Slovakia.

Dia menambahkan, pasukan pertahanan Ukraina masih membutuhkan persenjataan berat. “Terutama MLRS (peluncur roket multiple) serta artileri, tank, sistem anti-kapal, drone, rudal, dan pertahanan udara lainnya,” ujar Reznikov.

Reznikov menuturkan, Ukraina membutuhkan persenjataan berat tersebut dengan cepat serta dalam jumlah yang sepadan dengan skala ancamannya. “Ukraina berada dalam keadaan perang tanpa dukungan yang memadai dari dunia demokrasi,” tutur Reznikov.

Baca Juga: Putin: Pasukan Anti-pesawat Rusia Pecahkan Senjata Musuh Seperti Kacang

Di sisi lain, dia juga mengatakan bahwa saat ini situasi sedang berubah. “Kami menghargai kontribusi masing-masing negara yang saat ini bersama Ukraina, yang telah berkomitmen untuk meningkatkan efektivitas dukungan internasional,” tutur Reznikov.

Dia menambahkan, Ukraina telah mengubah filosofinya dalam penyediaan senjata. “Jika pada bulan pertama perang kami berfokus pada memperoleh sistem portabel anti-tank dan anti-pesawat, sekarang sifat perang telah berubah dan kami membutuhkan lebih banyak persenjataan berat,” papar Reznikov.

Di wilayah Kherson, lanjut Reznikov, tentara Rusia sedang membangun pertahanan yang bertingkat-tingkat. “Tujuan kami adalah untuk mencegah skenario Rusia direalisasikan dan untuk membebaskan wilayah kami sesegera mungkin,” ucap Reznikov.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menhan Ukraina Optimistis Perang dengan Rusia Selesai Akhir Tahun",

Penulis : Danur Lambang Pristiandaru
Editor : Danur Lambang Pristiandaru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Data Analysis with Excel Pivot Table Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×