kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

iCloud keluaran Apple siap bersaing dengan Android dan Amazon.com


Selasa, 07 Juni 2011 / 14:41 WIB
iCloud keluaran Apple siap bersaing dengan Android dan Amazon.com
ILUSTRASI. Karang Resik Tasikmalaya merupakan salah satu taman wisata yang khusus dibuat untuk keluarga. Dok: Instagram Taman Wisata Karang Resik.


Sumber: Bloomberg | Editor: Rizki Caturini

SAN FRANCISCO. Apple Inc. baru saja meluncurkan perangkat lunak untuk komputer Macintosh (Mac) miliknya bernama iCloud. Sistem ini akan menggeser kapitalisasi personal computer (PC) dengan memberi layanan penyimpanan file musik dan lainnya dengan tetap bisa di sinkronisasi tanpa menggunakan kabel.

Contoh sederhana, jika anda mengambil gambar dari iPhone, maka gambar itu akan secara otomatis bisa di sinkronisasi ke berbagai perangkat Apple lainnya seperti di iPad dan Mac.

iCloud akan memindahkan data dari perangkat lunak di PC ke sistem cloud computing. Untuk memanjakan para pecinta Apple, perusahaan ini tetap mengadakan perpustakaan musik iTunes dalam iCloud. "Jika saya telah membeli lagu dari iTunes di iPhone maka saya bisa menikmatinya di semua perangkat lainnya," ujar CEO Apple Inc Steve Jobs.

Apple meluncurkan iCloud ini untuk menyaingi produk-produk dari Google Inc. di berbagai perangkat ponsel dan tablet yang menggunakan perangkat lunak Android.

Fitur-fitur di iCloud ini memiliki sistem yang bisa memberi notifikasi jika ada pesan baru di Facebook misalnya, ataupun jika menerima pesan singkat. iCloud juga mempermudah pengguna untuk membuka artikel di website dan menyimpannya. Tak hanya untuk laptop dan PC, perangkat lunak ini juga bisa digunakan di perangkat Apple lainnya.

Pengguna iCloud juga dalam fitur bernama Newsstand bisa membeli dan berlangganan koran dan majalah untuk iPad dan iPhone.

Selain bersaing dengan Google Inc., Apple juga akan berhadapan dengan Amazon.com Inc. dalam bisnis cloud computing ini. Sejauh ini, Amazon menjadi penjual buku elektronik (e-book) terlaris dengan menggunakan sistem komputasi awan.

Sebagai tulang punggung layanan iCloud ini, Apple baru saja menyelesaikan pembangunan pusat data di Carolina Utara senilai US$ 1 miliar yang menjadi basis teknologi informasi yang akan mengurusi layanan ini.

iCloud akan tersedia untuk bisa diunduh secara gratis, ketika Apple merilis sistem operasi terbaru iOS untuk perangkat mobile. Untuk perangkat dengan versi iOS baru, aplikasi dan file akan di perbaharui secara otomatis.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×