kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

IDC: Pengiriman smartphone di China pada kuartal I-2020 berpotensi turun 30%


Selasa, 11 Februari 2020 / 14:19 WIB
IDC: Pengiriman smartphone di China pada kuartal I-2020 berpotensi turun 30%
ILUSTRASI. IDC mengungkapkan pengiriman ponsel pintar atau smartphone China di kuartal I tahun ini dapat menurun lebih dari 30%. REUTERS/Aly Song

Reporter: Handoyo | Editor: Yoyok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. International Data Corporation (IDC) mengungkapkan pengiriman ponsel pintar atau smartphone China di kuartal I tahun ini dapat menurun lebih dari 30% dari periode yang sama tahun lalu.  

Pasar ponsel pintar terbesar di dunia dapat mengalami apa yang disebut "efek Black Swan" pada paruh pertama tahun kalender karena wabah corona virus baru yang telah menewaskan lebih dari 1.000 orang di China.

Baca Juga: Dampak corona, Bank Dunia: Pemerintah harus segera alihkan pasar ekspor dari China

"Wabah corona virus berdampak pada musim belanja Tahun Baru Imlek pada akhir Januari dan juga diperkirakan memiliki efek buruk pada bulan-bulan berikutnya," kata IDC dalam sebuah pernyataan dikutip dari CNBC.

IDC menambahkan, wabah virus juga akan menciptakan ketidakpastian dalam rencana peluncuran produk, rantai pasokan, dan saluran distribusi, dalam jangka menengah dan panjang.

Sementara, perusahaan riset Canalys awal bulan ini memperkirakan pengiriman ponsel pintar China bisa turun sebanyak 50% antara tiga bulan terakhir tahun 2019 dan tiga bulan pertama tahun 2020. 




TERBARU

Close [X]
×