kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45897,60   4,88   0.55%
  • EMAS1.365.000 -0,22%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ilmuwan Melacak Penyebaran Flu Burung Semakin Mengkhawatirkan


Senin, 01 Juli 2024 / 21:35 WIB
Ilmuwan Melacak Penyebaran Flu Burung Semakin Mengkhawatirkan
ILUSTRASI. Para ilmuwan yang melacak penyebaran flu burung semakin mengkhawatirkan. Surya/Ahmad Zaimul Haq


Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Para ilmuwan yang melacak penyebaran flu burung semakin mengkhawatirkan. Kesenjangan dalam pengawasan dapat membuat mereka tertinggal beberapa langkah di belakang pandemi baru, menurut wawancara Reuters dengan lebih dari selusin ahli penyakit terkemuka.

Banyak dari mereka telah memantau subtipe baru flu burung H5N1 pada burung-burung yang bermigrasi sejak tahun 2020. Namun, penyebaran virus ke 129 kawanan sapi perah di 12 negara bagian AS membuka lembaran baru yang menandakan adanya perubahan yang dapat membuatnya lebih dekat dengan penularan di antara manusia. Infeksi juga telah ditemukan pada mamalia lain, mulai dari alpaka hingga kucing rumahan.

"Sepertinya pandemi ini terjadi secara perlahan," kata Scott Hensley, seorang profesor mikrobiologi di University of Pennsylvania. 

"Saat ini, ancamannya cukup rendah... tapi itu bisa berubah dalam sekejap," tambahnya.

Baca Juga: Pertama di Dunia, Finlandia akan Mulai Vaksinasi Flu Burung untuk Manusia

Semakin dini peringatan akan adanya lompatan ke manusia, semakin cepat para pejabat kesehatan global dapat mengambil langkah-langkah untuk melindungi masyarakat dengan meluncurkan pengembangan vaksin, pengujian skala besar, dan langkah-langkah penahanan.

Pengawasan federal terhadap sapi perah AS saat ini terbatas pada pengujian kawanan sapi sebelum melintasi batas negara bagian. Upaya pengujian di setiap negara bagian tidak konsisten, sementara pengujian terhadap orang-orang yang terpapar dengan sapi yang sakit masih sangat sedikit, demikian ungkap pejabat kesehatan pemerintah dan pakar flu pandemi kepada Reuters.

"Anda perlu mengetahui peternakan mana yang positif, berapa banyak sapi yang positif, seberapa baik penyebaran virus, berapa lama sapi-sapi ini tetap menular, rute penularan yang tepat," kata ahli virus flu Belanda, Ron Fouchier, dari Erasmus Medical Center di Rotterdam.

Jeanne Marrazzo, direktur Institut Alergi dan Penyakit Menular Nasional AS, mengatakan bahwa pengawasan terhadap manusia sangat, sangat terbatas.

Marrazzo menggambarkan jaringan pengawasan flu manusia dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS sebagai benar-benar merupakan mekanisme pelaporan pasif dan presentasi pasif. 

Departemen Pertanian AS lebih proaktif dalam menguji sapi, tetapi tidak mengumumkan kepada publik peternakan mana saja yang terkena dampaknya.

Baca Juga: Kenali Penyakit Batuk dan Cara Mengatasinya

Beberapa ahli mengatakan bahwa pendekatan yang berbeda dari badan-badan kesehatan hewan dan manusia dapat menghambat respons yang lebih cepat.

"Jika Anda merancang sistem ini dari awal, Anda akan memiliki satu badan," kata Gigi Gronvall, seorang ahli biosekuriti di Johns Hopkins Center for Health Security. 

"Ini bukan satu-satunya contoh di mana kita memiliki masalah lingkungan atau hewan yang menyebabkan masalah pada manusia," terangnya.

Seorang juru bicara USDA mengatakan bahwa lembaga tersebut bekerja sepanjang waktu dengan CDC dan mitra lainnya dalam tanggapan seluruh pemerintah, dan menambahkan bahwa penelitian yang sedang berlangsung menunjukkan bahwa pasokan makanan Amerika tetap aman, sapi-sapi yang sakit biasanya sembuh setelah beberapa minggu, dan risiko terhadap kesehatan manusia tetap rendah.

CDC dalam sebuah pernyataannya mengatakan, USDA, dan departemen kesehatan negara bagian dan lokal di seluruh negeri telah mempersiapkan kemunculan virus influenza baru selama hampir 2 dekade dan terus memantau perubahan sekecil apa pun pada virus tersebut.




TERBARU

[X]
×