kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45672,14   1,07   0.16%
  • EMAS916.000 -1,08%
  • RD.SAHAM 0.54%
  • RD.CAMPURAN 0.26%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

IMF: Pandemi akan menyebabkan resesi terburuk sejak Depresi Hebat


Jumat, 10 April 2020 / 09:41 WIB
IMF: Pandemi akan menyebabkan resesi terburuk sejak Depresi Hebat
ILUSTRASI. Logo IMF. REUTERS/Yuri Gripas /File Photo/File Photo

Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Kepala Dana Moneter Internasional (IMF) memperingatkan, pandemi yang melanda dunia akan mengubah pertumbuhan ekonomi global menjadi "sangat negatif" pada 2020. Hal itu akan memicu kejatuhan terburuk sejak Depresi Hebat 1930-an, dengan hanya sebagian negara yang berhasil pulih pada 2021.

Melansir Reuters, Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva melukiskan gambaran yang jauh lebih suram tentang dampak sosial dan ekonomi akibat virus corona baru meskipun beberapa minggu yang lalu, IMF mencatat pemerintah global telah melakukan langkah-langkah stimulus fiskal sebesar US$ 8 triliun. Akan tetapi, kemungkinan stimulus yang dibutuhkan jauh lebih besar.

Dia mengatakan, krisis akan menghantam pasar negara yang berkembang cepat dan negara-negara berkembang yang paling sulit, yang kemudian akan membutuhkan ratusan miliar dolar dalam bantuan asing.

Baca Juga: IMF: Virus corona dorong dunia ke dalam resesi yang lebih buruk dari krisis 2008

"Tiga bulan yang lalu, kami memprediksi pertumbuhan pendapatan per kapita positif di lebih dari 160 negara anggota kami pada tahun 2020," katanya, Kamis (9 April) dalam sambutan yang disiapkan untuk pengiriman menjelang Pertemuan IMF dan Bank Dunia Musim Semi minggu depan.

"Hari ini, angka itu telah berubah: kami sekarang memproyeksikan bahwa lebih dari 170 negara akan mengalami pertumbuhan pendapatan per kapita negatif tahun ini."

Menurut Georgieva, jika pandemi memudar pada paruh kedua tahun ini, IMF meramalkan pemulihan parsial pada 2021. Akan tetapi dia memperingatkan situasinya juga bisa menjadi lebih buruk.

Baca Juga: Core: Seharusnya pemerintah andalkan pembiayaan dalam negeri tangani corona

"Saya menekankan ada ketidakpastian luar biasa tentang prospek: itu bisa bertambah buruk tergantung pada banyak faktor variabel, termasuk lamanya pandemi berlangsung," katanya.

IMF, yang memiliki 189 negara anggota, akan merilis perkiraan Outlook Ekonomi Dunia terperinci pada hari Selasa.

Menurut penghitungan Reuters, virus corona baru yang muncul di China pada bulan Desember telah menyebar di seluruh dunia, menginfeksi 1,41 juta orang dan membunuh 83.400.



TERBARU

[X]
×