kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

IMF sambut baik kesepakatan utang antara Yunani dan Zona Euro


Jumat, 22 Juni 2018 / 20:02 WIB
IMF sambut baik kesepakatan utang antara Yunani dan Zona Euro
ILUSTRASI. Bendera Yunani

Reporter: Agung Jatmiko | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - LUKSEMBURG. Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) menyambut baik kesepakatan yang dicapai antara zona euro dengan pemerintah Yunani mengenai penghapusan utang untuk Yunani. Kesepakatan ini dicapai oleh kreditur zona euro yang mengatakan akan meningkatkan keberlanjutan utang dalam jangka menengah.

Mengutip Reuters, Jumat (22/6), Menteri keuangan zona euro sebelumnya pada Jumat menawarkan Yunani perpanjangan 10 tahun penundaan dan perpanjangan pada sebagian besar pinjaman masa lalu, serta € 15 miliar dalam kredit baru untuk memastikan Athena dapat berdiri sendiri setelah keluar dari bailout ketiga pada Agustus.


"Langkah-langkah pengurangan utang tambahan yang diumumkan hari ini akan mengurangi risiko pembiayaan jangka menengah Yunani dan meningkatkan prospek utang jangka menengah," ungkap Managing Director IMF Christine Lagarde, dilansir dari Reuters, Jumat (22/6).

Namun dia menambahkan bahwa dana itu tidak akan bergabung dengan bailout € 86 miliar yang telah habis dan mempertahankan “reservasi” pada keberlangsungan jangka panjang utang Yunani, yang berjalan hingga 2060.

 



Video Pilihan

TERBARU

×