kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

India akan berlakukan penguncian ketat akibat kematian akibat Covid-19 terus melonjak


Sabtu, 08 Mei 2021 / 15:37 WIB
India akan berlakukan penguncian ketat akibat kematian akibat Covid-19 terus melonjak
ILUSTRASI. Corona di India. REUTERS/Adnan Abidi


Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. India pada hari Sabtu melaporkan jumlah kematian COVID-19 tertinggi dalam satu hari, karena kasus terus meningkat dan negara bagian memberlakukan penguncian yang lebih ketat.

Kementerian kesehatan India melaporkan 4.187 kematian selama 24 jam terakhir, menjadikan jumlah kematian keseluruhan di bawah 240.000. Kasus meningkat 401.078, meningkatkan total sejak dimulainya pandemi menjadi 21,9 juta. Pakar medis mengatakan jumlah nyata kasus COVID-19 dan kematian cenderung jauh lebih tinggi daripada penghitungan resmi.

Tamil Nadu, yang terkenal dengan manufaktur mobilnya termasuk BMW, Daimler, Hyundai, Ford, Nissan dan Renault, mengatakan itu akan beralih dari penguncian parsial menjadi penguncian penuh pada hari Senin, menghentikan transportasi umum dan menutup pengecer alkohol yang dikelola negara.

Negara bagian Karnataka, memperpanjang penutupan total pada Jumat malam. Ibu kota negara bagian Bengaluru adalah pusat teknologi utama, rumah bagi kantor perusahaan besar termasuk Google, Amazon, dan Cisco.

Baca Juga: Waspada! Gelombang Covid-19 yang eksplosif mengancam India dan dunia

India belum memberlakukan penguncian nasional seperti yang dilakukannya selama gelombang pertama tahun lalu, tetapi sekitar setengah dari semua negara bagiannya telah memberlakukan penutupan total. Sisanya dalam penutupan sebagian.

Meskipun merupakan pembuat vaksin terbesar di dunia, India sedang berjuang untuk memproduksi dan mendistribusikan dosis yang cukup untuk membendung gelombang COVID-19.

Meskipun negara tersebut telah memberikan lebih dari 167 juta dosis vaksin, tingkat inokulasinya telah menurun tajam dalam beberapa hari terakhir dan hanya sekitar 2% dari 1,4 miliar penduduknya yang telah menerima dua dosis yang diperlukan untuk diimunisasi secara lengkap.

Krisis di Selatan 

Sementara kasus di wilayah utara dan barat negara itu telah menanggung beban pandemi yang paling parah, negara bagian selatan termasuk Karnataka dan Tamil Nadu telah mengalami lonjakan infeksi.

Gelombang kedua pandemi virus corona di India telah membawa sistem perawatan kesehatan di ambang kehancuran, dengan pasien meninggal karena kekurangan oksigen atau akses ke tempat tidur rumah sakit.

Perdana Menteri Narendra Modi telah dikritik karena penanganannya terhadap kekurangan oksigen, meskipun pemerintah mengatakan akan melakukan semua yang mereka bisa.

Kepala menteri Tamil Nadu M.K. Stalin mengatakan dalam sebuah surat kepada Modi pada Jumat malam, permintaan oksigen medis Tamil Nadu dapat berlipat ganda dalam dua minggu ke depan. "Ketersediaan oksigen di Tamil Nadu sangat kritis," kata Stalin, menambahkan bahwa 13 pasien meninggal di sebuah rumah sakit di pinggiran Chennai karena kekurangan oksigen.

Selanjutnya: Oposisi India: Ledakan Covid-19 akan menghancurkan India dan mengancam dunia




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×