kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Infeksi Covid-19 Lokal Melonjak, Resor Disney di Shanghai Ditutup Sementara


Senin, 21 Maret 2022 / 13:55 WIB
Infeksi Covid-19 Lokal Melonjak, Resor Disney di Shanghai Ditutup Sementara
ILUSTRASI. Shanghai Disney Resor. REUTERS/Aly Song


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - SHANGHAI. Resor Disney di Shanghai ditutup sementara di tengah lonjakan kasus Covid-19 harian yang mencapai rekor di Shanghai.

Mengutip Reuters, Senin (21/3), data resmi menunjukkan, Shanghai melaporkan 24 kasus Covid-19 baru yang ditularkan di dalam negeri dengan gejala pada Minggu, dan 734 infeksi tanpa gejala.

Ini adalah hari keempat berturut-turut infeksi tanpa gejala lokal Shanghai meningkat.

Meskipun penghitungan infeksi kecil menurut standar global, Shanghai dengan cepat mengikuti kebijakan China yang melakukan pembersihan dinamis, yakni dengan menutup sekolah dan menguji kompleks perumahan dalam upaya membatasi penyebaran virus.

"Ketika menyangkut seluruh situasi pengendalian dan pencegahan epidemi yang kita hadapi, ini sangat kompleks dan serius, dan juga merupakan ujian yang sangat besar bagi kita," kata pejabat kesehatan kota Wu Jinglei dalam jumpa pers.

Baca Juga: China Tunda Uji Coba Perluasan Pajak Properti, Ini Penyebabnya

Wu menambahkan, Shanghai akan tetap dengan pemberian izin dinamis. Dia mengharapkan dukungan publik yang berkelanjutan untuk kebijakan tersebut.

Shanghai juga menutup Shanghai Disney Resort mulai Senin hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Namun ada tanda-tanda frustrasi dengan pendekatan kota yang bersifat ad hoc, distrik demi distrik.

"Hong Kong, Shanghai, dan Shenzhen memiliki tiga model respons epidemi yang berbeda," kata seorang pengguna jaringan Weibo seperti Twitter di China.

"Hong Kong adalah yang terburuk tetapi akan menjadi yang pertama terbuka," kata penulis bernama zangyn itu dalam postingan yang dibagikan secara luas. 

"Shenzhen adalah yang paling efektif, dan Shanghai mungkin yang paling melelahkan, dan bahkan yang paling menyedihkan."

Tingkat keparahan respons wabah oleh kompleks Shanghai dan distrik perumahan bervariasi, dengan beberapa memilih untuk melakukan lockdown selama dua minggu. 

Beberapa orang di distrik tertutup lainnya mengatakan mereka tidak diberitahu berapa lama mereka harus tinggal di rumah.

Komite warga yang membantu mengatur program pengujian juga menghadapi tantangan. Satu senyawa mendistribusikan token untuk menggagalkan upaya orang luar untuk mengikuti tes gratis.

Termasuk infeksi Shanghai, China daratan melaporkan total 1.947 kasus baru yang ditularkan secara lokal dengan gejala yang dikonfirmasi pada hari Minggu, data dari Komisi Kesehatan Nasional (NHC) menunjukkan, naik dari 1.656 sehari sebelumnya.

Baca Juga: Setelah Lebih Setahun, China Laporkan 2 Kasus Kematian Akibat Covid-19

Kota pembuat baja teratas Tangshan, dengan hanya 12 infeksi lokal sejak 19 Maret, hanya mengizinkan kendaraan penting di jalan yang lebih kecil dari jalan bebas hambatan, sementara orang dengan kebutuhan khusus yang harus menggunakan kendaraan harus meminta persetujuan.

Pusat manufaktur selatan Shenzhen telah mengizinkan kegiatan kerja dan produksi, serta layanan bus dan kereta bawah tanah di sebagian besar wilayah, untuk dilanjutkan setelah jumlah kasus lokal harian turun setelah tiga putaran pengujian di seluruh kota.

Namun, pembatasan ketat tetap ada di beberapa tempat.

Penduduk Shenzhen masih perlu menunjukkan tes negatif untuk menggunakan transportasi umum mulai Senin hingga 27 Maret, periode di mana layanan dalam ruangan yang tidak penting akan tetap ditutup, kata pemerintah kota.

Kandidat vaksin untuk menargetkan Omicron secara khusus, atau di antara varian yang menjadi perhatian, sedang dalam studi sebelum uji klinis, seorang pejabat kesehatan nasional mengatakan pada hari Sabtu, tanpa mengidentifikasi perusahaan yang terlibat.

Kasus asimtomatik lokal baru China, yang tidak diklasifikasikan sebagai kasus yang dikonfirmasi sebanyak 2.384, naik dari 2.177 sehari sebelumnya. Jumlah kematian tidak berubah yakni sebanyak 4.638, tanpa kematian baru.

Pada hari Minggu, China daratan telah melaporkan 132.226 kasus dengan gejala yang dikonfirmasi, baik di antara penduduk setempat dan pendatang dari luar.




TERBARU

[X]
×